Kongres Pemuda Katolik di Palangka Raya didukung penuh Kapolda Kalteng

id Kongres Pemuda Katolik, Kongres, Pemuda Katolik, Kongres Pemuda Katolik di Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah

Kongres Pemuda Katolik di Palangka Raya didukung penuh Kapolda Kalteng

Pengurus Pusat dan Daerah Pemuda Katolik saat beraudiensi dengan Kapolda dan jajaran Polda Kalteng di Palangka Raya, Senin (12/8/2024). ANTARA/HO-Pemuda Katolik Kalteng.

Palangka Raya (ANTARA) - Kongres Pemuda Katolik se-Indonesia yang akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, dari tanggal tanggal 24 sampai 27 Oktober 2024, mendapat dukungan penuh dari Kepala Kepolisian setempat, Irjen Pol Djoko Poerwanto.

Dukungan tersebut disampaikan pada saat pengurus pusat dan Komisariat daerah (Komda) beraudiensi dengan Kapolda, kata Ketua Komda Pemuda Katolik Kalteng Freddy Simamora di Palangka Raya, Senin.

"Bapak Kapolda juga berpesan kepada kami, agar pelaksanaan kongres tersebut berlangsung aman. Sebab, kongres tersebut beriringan tahapan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak tahun 2024," beber dia.

Selain itu, lanjut Freddy, Kapolda Kalteng memberikan tantangan kepada organisasi Pemuda Katolik untuk membuat kegiatan terkait beberapa masalah sosial kemasyarakatan di provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

"Kami bersyukur dalam audiensi itu, bapak Kapolda mengajak Pemuda Katolik berkolaborasi menyelenggarakan berbagai kegiatan dengan Polda Kalteng," tambahnya.

Ketua Komda Pemuda Katolik Kalteng ini pun mengakui bahwa kongres tersebut akan dihadiri oleh seluruh pengurus pusat dan daerah se-Indonesia. Di mana jumlahnya diperkirakan mencapai ratusan bahkan ribuan orang. Bahkan kongres tersebut rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden atau Wakil Presiden terpilih untuk periode 2024-2029.

Baca juga: BPIP: Kalteng jangan pernah lelah membumikan Pancasila

Freddy mengatakan bahwa dalam kongres tersebut, seluruh pengurus dan kader Pemuda Katolik se-Indonesia nantinya membahas berbagai isu maupun dinamika sosial, politik, ekonomi dan lainnya yang sedang serta akan terjadi di tingkat nasional maupun lokal.

"Kongres itu juga akan memilih Ketua dan pengurus Pusat Pemuda Katolik untuk empat tahun mendatang," ungkapnya.

Dia pun berharap adanya dukungan dan bantuan dari segenap unsur pemerintah daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota terhadap pelaksanaan kongres Pemuda Katolik di Palangka Raya. Sebab, kongres tersebut juga berdampak pada memperkenalkan daerah sekaligus berkontribusi terhadap perekonomian di wilayah ini.

"Kami sudah menyusun berbagai acara di sela-sela kongres yang nantinya berdampak pada ekonomi ini. Tetapi semua itu akan dapat terlaksana jika mendapat dukungan dari semua elemen di daerah kita ini," demikian Freddy Simamora.

Baca juga: Siap jadi pionir cegah karhutla, PK Kalteng ajak umat Katolik tak bakar lahan

Baca juga: Ketua DPRD Palangka Raya minta Pemuda Katolik jadi penyejuk di pemilu 2024

Baca juga: Bawaslu Kalteng gandeng Pemuda Katolik lakukan pengawasan partisipatif pemilu 2024