Bawaslu Kalteng gandeng Pemuda Katolik lakukan pengawasan partisipatif pemilu 2024

id Komisioner Bawaslu Kalteng, Siti Hamidah, Bawaslu Kalteng, Bawaslu kalimantan tengah, bawaslu, Kalteng, pemuda katolik, pemuda katolik kalteng

Bawaslu Kalteng gandeng Pemuda Katolik lakukan pengawasan partisipatif pemilu 2024

Komisioner Bawaslu Kalteng Siti Wahidah (kiri dua) foto bersama dengan Ketua Pemuda Katolik Komda Kalteng usai melakukan penandatangan nota kesepahaman terkait pengawasan partisipatif pemilu 2024 di Palangka Raya, Sabtu (19/8/2023). ANTARA/HO.

Palangka Raya (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah menggandeng sekaligus melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Komda Pemuda Katolik Kalteng, terkait pengawasan partisipatif melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Adanya nota kesepahaman ini diharapkan membuat pengawasan terhadap tahapan-tahapan penyelenggaraan pemilu 2024 menjadi semakin optimal, kata Komisioner Bawaslu Kalteng Siti Wahidah usai penandatangan nota kesepahaman dengan Ketua Pemuda Katolik Komda Kalteng di Palangka Raya, Sabtu.

"Kami juga berharap Pemuda Katolik lebih aktif dalam menyebarkan semangat pengawasan partisipatif kepada masyarakat. Termasuk mendorong para pemilih di Kalteng semakin cerdas dalam memilih di pemilu yang akan dilaksanakan pada tanggal 14 Februari 2024," singkat perempuan yang akrab disapa Ida ini.

Sementara itu, Ketua Pemuda Katolik Komda Kalteng Freddy Simamora mengatakan bahwa pihaknya sudah sejak lama memberikan perhatian serius dan ingin terlibat aktif dalam penyelenggaraan pemilu 2024. Hal itulah yang mendasari Pemuda Katolik Kalteng menjalin komunikasi dengan para penyelenggara pemilu, baik itu KPU Kalteng maupun Bawaslu Kalteng.

"Penandatangan nota kesepahaman dengan Bawaslu Kalteng itu salah satu bukti keseriusan kami di Pemuda Katolik Kalteng, untuk terlibat aktif mensukseskan penyelenggaraan pemilu 2024," kata dia.

Baca juga: Bawaslu Gumas utamakan pencegahan supaya pelanggaran netralitas ASN tidak terulang

Selain menjalin kerjasama dan penandatangan nota kesepahaman dengan Bawaslu Kalteng, Pemuda Katolik pun telah melaksanakan diskusi panel. Di mana diskusi panel itu mengangkat berbagai tema dan menghadirkan sejumlah pelaku politik dan tokoh dari tingkat nasional maupun lokal.

Freddy mengatakan, dalam panel tersebut dihadirkan Anggota DPD RI sekaligus mantan Gubernur Kalteng Agustin Teras Narang, Mantan Menteri Lingkungan Hidup Alexander Sony Keraf, Wakil Ketua Umum Ind Mining Association (IMA) dan Komisi Kerawam KWI, Ketua DPRD Kota Palangka Raya Sigit K Yunianto, dan lainnya.

"kami di Pemuda Katolik pun ada membentuk Kelompok Kerja Pemilu 2024 (Pokja 24). Itu bukti keseriusan kami untuk ikut dan terlibat aktif mensukseskan pemilu 2024," demikian Freddy Simamora.

Baca juga: Pokok Haluan Negara lebih penting diprioritaskan dalam Amandemen UUD 45

Baca juga: Pemuda Katolik Kalteng siap terlibat sukseskan Pemilu 2024

Baca juga: Paparkan kesiapan, Kongres Pemuda Katolik se-Indonesia dilaksanakan Oktober 2024