DPRD Gumas berharap Kampung Keluarga Berkualitas ciptakan desa bebas narkoba

id dprd gunung mas, ketua sementara herbert y asin, kampung keluarga berkualitas, tumbang miwan, kuala kurun, gunung mas

DPRD Gumas berharap Kampung Keluarga Berkualitas ciptakan desa bebas narkoba

Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gumas Herbert Y Asin (kiri ketiga), Pj Bupati Gumas Herson B Aden (tengah), dan lainnya menunjukkan piagam pencanangan Kampung Keluarga Berkualitas di Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun, Senin (21/10/2024). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Ketua Sementara DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Herbert Y Asin menyambut baik pencanangan 104 desa/kelurahan di wilayah setempat menjadi Kampung Keluarga Berkualitas, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
 
“Saya harap Kampung Keluarga Berkualitas bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat, membentengi masyarakat dari berbagai hal negatif, termasuk narkoba,” ucapnya saat dibintangi awak media di Kuala Kurun, Selasa.
 
Kampung Keluarga Berkualitas tidak hanya menjadi tempat untuk memberikan layanan Keluarga Berencana, namun juga sebagai pusat informasi dan edukasi bagi masyarakat. Ia berharap pusat informasi dan edukasi yang dimaksud termasuk bahaya narkoba.
 
Herbert yang juga merupakan Ketua harian Dewan Adat Dayak (DAD) Gumas mengaku prihatin dengan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah setempat.
 
Berdasarkan pengalamannya sebagai Ketua Harian DAD Gumas, tak jarang dirinya menerima aduan dari kaum perempuan yang rumah tangganya rusak karena suami menggunakan narkoba.
 
Dia menaruh harapan besar terhadap program Kampung Keluarga Berkualitas, agar program ini ke depan bisa membebaskan desa/kelurahan di Gumas dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.
 
“Oleh sebab itu, saya mengajak kita semua untuk mendukung penuh program Kampung Keluarga Berkualitas,” kata wakil rakyat dari daerah pemilihan I, yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini.

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas canangkan 104 Kampung Keluarga Berkualitas
 
Sebelumnya, Penjabat Bupati Gumas Herson B Aden mencanangkan 104 desa/kelurahan di wilayah setempat menjadi Kampung Keluarga Berkualitas, guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
 
“Caranya adalah melalui penguatan peran keluarga dalam berbagai aspek, seperti kesehatan, pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya,” ucapnya saat pencanangan secara simbolis di Desa Tumbang Miwan Kecamatan Kurun, Senin.
 
Ia menjelaskan, Kampung Keluarga Berkualitas merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah untuk membangun keluarga-keluarga yang sejahtera, mandiri, dan berkualitas.
 
Melalui program Kampung Keluarga Berkualitas, pemerintah berharap setiap keluarga dapat berperan aktif dalam membangun kesejahteraan keluarga dan lingkungan sekitarnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Gumas, Rina Sari menyampaikan di tahun-tahun sebelumnya telah dicanangkan 23 Kampung Keluarga Berkualitas di kabupaten setempat.
 
“Dengan telah dicanangkan 104 desa/kelurahan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas, maka seluruh desa/kelurahan di Gumas telah dicanangkan sebagai Kampung Keluarga Berkualitas,” demikian Rina Sari.

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas tegaskan pemkab komitmen dukung program kerja Presiden

Baca juga: Penjabat Bupati Gumas: Harganas jadi pengingat peran keluarga dalam pembangunan

Baca juga: Turnamen futsal KNPI Gumas wadah generasi muda salurkan bakat