Kuala Pembuang (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Zuli Eko Prasetyo, meminta wartawan di wilayah setempat untuk terus menjaga diri dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) saat meliput di lapangan, di tengah kondisi pandemi penyebaran virus corona atau COVID-19.

“Saya kembali mengingatkan agar wartawan di Seruyan harus selalu melengkapi diri dengan APD untuk menjaga keselamatan dan antisipasi tertular COVID-19,” kata Zuli Eko di Kuala Pembuang, Jumat.

Sebagai orang yang juga pernah menjadi wartawan, Eko tahu betul profesi wartawan termasuk kelompok yang rentan tertular virus mematikan itu. Bahkan sudah ada wartawan yang terjangkit, bahkan meninggal diduga akibat COVID-19.

Menurut Eko awak media merupakan garda terdepan dalam memberikan informasi melalui pemberitaan serta turut mengedukasi masyarakat, baik secara langsung ataupun tulisan.

“Berkaitan dengan itu, keamanan saat berada di lapangan harus lebih diutamakan. Apalagi saat ini, melihat perkembangan penyebaran COVID-19 khususnya di wilayah Kalteng ini dinilai sangat rawan sekali penyebarannya,” ungkap Eko.

Lebih lanjut Eko berharap, agar alat pelindung diri seperti masker, sarung tangan, dan alat pelindung lain yang dibutuhkan bagi awak media harus selalu diperhatikan.

“Lebih baik kita mencegah, dari pada mengobati dan jangan sampai kita yang menuliskan pesan serta imbauan pemerintah kepada masyarakat melalui karya jurnalistik kita, tapi kita sendiri tidak mengikuti hal tersebut,” harap Eko.

Eko meminta wartawan bisa menjaga dan mengingatkan satu sama lain, dalam menerapkan upaya pencegahan COVID-19. Dengan pengetahuan yang dimiliki, dia berharap wartawan seharusnya justru lebih tinggi tingkat kewaspadaannya dibanding masyarakat awam.

“Rasa solidaritas untuk saling mengingatkan antar rekan satu profesi sangat dibutuhkan dalam upaya bersama menanggulangi penyebaran COVID-19. Saya harap, wartawan di Seruyan khususnya bisa saling mengingatkan satu sama lain. Kondisi atau momen mana yang harus diliput dan mana yang harus dihindari. Tapi saat peliputan, faktor keamanan dari COVID-19 wajib diperhatikan,” demikian Eko.

Baca juga: Bupati Seruyan imbau masyarakat tidak mudik

Baca juga: Pemkab diminta berikan perhatian intens kepada masyarakat terdampak COVID-19

Pewarta : Radianor
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024