Buntok (ANTARA) - Kodim 1012 Buntok Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah menerima bantuan motor Sarana Interaksi dan Komunikasi Sosial (Si Komos) dari Danrem 102 Pjg, Brigjen TNI Purwo Sudaryanto.

Kendaraan tersebut diserahkan Danrem kepada Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Dwi Tantomo pada saat kunjungan kerjanya ke Buntok Kabupaten Barito Selatan, Kamis.

"Motor ini sangat bermanfaat bagi Babinsa pada saat melaksanakan tugas di wilayah desa," ucapnya.

Kendaraan roda tiga Si Komos dilengkapi dengan perpustakaan, televisi 49 inci, mesin genset, dan pengeras suara, sehingga bila ada berita yang perlu disampaikan dapat disampaikan berkeliling menggunakan kendaraan tersebut.

Selain itu, ia juga menyampaikan kendaraan ini juga bisa dimanfaatkan oleh tiga pilar plus yakni pemerintah daerah, TNI, Polri. Untuk satuan paling bawah bisa digunakan pemerintah desa, Babinsa dan Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda untuk melaksanakan kegiatan.

"Makanya logo pada kendaraan itu bertuliskan tiga pilar, sehingga bisa digunakan bersama. Bantuan diserahkan kepada tujuh Kodim di Kalimantan Tengah ini," jelas Purwo Sudaryanto.

Danrem juga mengharapkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Barito Selatan dan Barito Timur untuk menyediakan satu unit kendaraan tersebut di masing-masing Koramil yang nantinya digunakan untuk kepentingan bersama.

Apalagi di tengah pandemi ini, Si Komos dapat dimanfaatkan bagi anak Sekolah Dasar (SD) untuk belajar, karena pada kendaraan itu telah disiapkan buku sebagai perpustakaan keliling.

"Kendaraan ini juga dapat digunakan sebagai edukasi karena sudah disediakan televisi dan mesin gensetnya," tambah Purwo Sudaryanto.

Sementara Dandim 1012 Buntok, Letkol Inf Dwi Tantomo mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan Danrem kepada pihaknya.

"Bantuan yang diberikan ini akan kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan bersama di daerah ini," demikian Dandim 1012 Buntok.

Baca juga: Dandrem Kalteng: Masyarakat berperan penting hentikan penularan COVID-19

Baca juga: DPRD Barsel harapkan musrenbang tampung semua aspirasi masyarakat

Baca juga: DPRD Barsel minta pemkab benahi Plaza Beringin Buntok

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024