Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong mengingatkan sekaligus meminta pelayanan kesehatan di sejumlah pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di kabupaten setempat, kedepannya harus semakin maksimal.

Terlebih ada enam puskesmas di wilayah setempat yang baru saja mendapat bantuan ambulans dobel gardan, kata Jaya usai menyerahkan bantuan secara simbolis di Kuala Kurun, Rabu.

"Pelayanan dari puskesmas yang menerima ambulans kepada masyarakat di kecamatan-kecamatan hendaknya bisa lebih baik lagi," tambahnya. 

Dia juga mengingatkan kepada kepala puskesmas yang menerima ambulans dobel gardan, untuk menjaga dan merawat bantuan yang telah diterima. Ambulans tersebut harus dimanfaatkan untuk melayani masyarakat.

Selain ambulans, sambung dia, pada kesempatan ini juga disalurkan bantuan satu unit kendaraan roda dua jenis KLX, kepada Puskesmas Tumbang Masukih di Kecamatan Miri Manasa.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Gunung Mas, Rina Sari menambahkan, ambulans dobel gardan disalurkan kepada Puskesmas Tumbang Miri Kecamatan Kahayan Hulu Utara, dan Puskesmas Tumbang Napoi Kecamatan Miri Manasa.

Selanjutnya adalah untuk Puskesmas Tumbang Rahuyan Kecamatan Rungan Hulu, Puskesmas Tumbang Jutuh Kecamatan Rungan, Puskesmas Tumbang Talaken Kecamatan Manuhing, dan Puskesmas Tehang Kecamatan Manuhing Raya.

Baca juga: Peringati HUT RI, Bupati Gunung Mas minta masyarakat terus berkarya

"Untuk anggarannya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik tahun anggaran 2022," beber mantan Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gunung Mas ini.

Lainnya, Kepala Puskesmas Tumbang Talaken, Sri Lastari menyambut baik bantuan ambulans dobel gardan tersebut. Dia yakin ke depan pelayanan kesehatan kepada masyarakat akan semakin baik.

"Puskesmas Tumbang Talaken melayani masyarakat di satu kelurahan, 11 desa, dan dua dusun. Keberadaan ambulans dobel gardan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk melayani masyarakat," demikian Sri Lastari.

Baca juga: Hadapi ancaman krisis pangan, Gunung Mas perkuat pengelolaan SDA

Baca juga: Rombongan Kwarcab Gumas diminta ikuti Jambore Nasional dengan gembira

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024