Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong berharap Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kurun yang telah memasuki usia ke ke-66, kedepannya semakin bermutu dan proses belajar-mengajar lebih maju.

Para guru dan peserta didik di sekolah ini pun harapannya dapat memanfaatkan berbagai sarana dan prasarana yang ada secara maksimal, kata Jaya saat HUT SMPN 1 Kurun, di Kuala Kurun, Kamis.

"Saya selaku Bupati Gunung Mas sekaligus alumni angkatan ke-38 SMPN 1 Kurun mengucapkan selamat. Doa saya SMPN 1 Kurun semakin sukses dan tambah berjaya," tambahnya.

Dia menyebut bahwa tema perayaan HUT ke-66 SMPN 1 Kurun adalah menyiapkan generasi emas sehat jasmani dan rohani, cerdas, berkarakter serta memiliki banyak prestasi.

Artinya, lanjut orang nomor satu di Pemkab Kobar itu, generasi emas Gumas hendaknya sehat jasmani dan rohani, yang harus bebas dari narkoba.

"Katakan tidak pada narkoba, dan kita bisa pintar serta cerdas tanpa  narkoba," kata Jaya.

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Gumas mencapai 81 persen, Bupati beri penghargaan ke sejumlah pihak

Sementara itu, Kepala SMPN 1 Kurun, Yono mengatakan, sekolah tersebut mulai dibangun pada 1 Agustus 1956. Saat itu namanya adalah Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 1(SLTPN) 1 Kurun di Kabupaten Daerah Tingkat II Kapuas.

"Pada tahun 1957 SLTPN 1 Kurun mulai menerima siswa baru, dengan kepala sekolah yakni Bapak Charli Ikat. Beliau menjadi kepala sekolah hingga 1968," bebernya.

Seiring berjalannya waktu, Kabupaten Gunung Mas terbentuk dan SLTPN 1 Kurun juga terus berkembang. Mulai tahun pelajaran 2004/2005, nama SLTP berubah menjadi SMP, sehingga SLTPN 1 Kuala Kurun juga berubah menjadi SMPN 1 Kurun.

"Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang telah dan akan terus menyediakan sarana dan prasarana SMPN 1 Kurun," demikian Yono.

Baca juga: Enam puskesmas dapat bantuan ambulans, Bupati Gumas minta pelayanan dimaksimalkan

Baca juga: Rombongan Kwarcab Gumas diminta ikuti Jambore Nasional dengan gembira

Baca juga: Bupati Gumas imbau masyarakat kembali bersatu

Pewarta : Chandra
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024