Palangka Raya (ANTARA) - Polda Kalimantan Tengah menargetkan 500 kantong darah dalam kegiatan donor darah yang dilaksanakan di lingkungan Polda setempat saat memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara 1 Juli 2023.

"Dalam donor darah ini targetnya 500 kantong darah, dan yang pendonornya tidak hanya dari personel Polri saja melainkan, Bhayangkari, TNI dan masyarakat umum," kata Kepala Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Kabid Dokkes) Polda Kalteng Kombes Pol Danang Pamudji di Palangka Raya, Rabu.

Dia menuturkan, kegiatan donor darah tersebut tentunya juga masih dalam rangkaian bakti kesehatan untuk menyambut HUT Bhayangkara ke-77. Hal tersebut juga dilaksanakan dengan tujuan untuk membantu ketersediaan stok darah yang berada di bank darah Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palangka Raya.

Baca juga: Polda Kalteng gelar bakti kesehatan di kawasan padat penduduk

Tentunya kegiatan tersebut terlaksana atas kerjasama antara RS Bhayangkara dengan PMI Kota Palangka Raya, sehingga ketersediaan kantong darah di PMI tersedia untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Memang daerah kita sangat membutuhkan darah, bahkan sering kekurangan maka dari itu kegiatan donor darah ini dilaksanakan dengan dengan baik," bebernya.

Perwira Polri berpangkat melati tiga itu juga mengungkapkan, bahwasanya kegiatan serupa tidak hanya dilaksanakan ketika memperingati HUT Bhayangkara saja, melainkan dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan oleh Polda Kalteng.

Baca juga: Polda Kalteng: Jelang tahun politik 2024 masyarakat jauhi perpecahan

"Kegiatan seperti ini dilaksanakan tiga bulan sekali oleh Polda Kalteng dan pendonor darahnya juga tidak hanya personel Polri saja, melainkan instansi terkait dan masyarakat umum," demikian Danang.

Berdasarkan pantauan di lokasi donor darah, Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto beserta istri, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Agung Budijono serta pejabat utama Polda setempat ikut mengecek kegiatan tersebut yang berjalan hikmat dan lancar tersebut.

Bahkan orang nomor satu di lingkup Polda Kalteng itu juga berkomunikasi dengan para pendonor darah yang sedang mendonorkan darahnya untuk ketersediaan stok darah di PMI Kota Palangka Raya.

Baca juga: Anggota DPR RI minta pemuda di Kalteng ikut perangi peredaran narkoba

Baca juga: Harkitnas momentum Polda Kalteng tingkatkan pelayanan ke masyarakat

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Ronny
Copyright © ANTARA 2024