SampitĀ  (ANTARA) - Kebakaran sebuah kios di Jalan Ir. Juanda, Kota Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah mengakibatkan seorang warga mengalami luka bakar di bagian lengan dan kaki, hingga harus dilarikan ke RSUD dr. Murjani Sampit. 

Kepala Bidang Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkarmar) Kotim Agus Wahyudi di Sampit, Minggu, mengatakan bahwa pihaknya menerima laporan adanya kios terbakar di Jalan Ir Juanda, tepatnya di Kelurahan Mentawa Baru Hulu, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, sekira pukul 06:45 WIB.

"Kebakaran bermula dari sebuah kios yang menjual makanan, minuman, dan BBM," ucapnya. 

Kebakaran terjadi diduga akibat kelalaian pemilik kios yang mengisi BBM ke tangki sepeda motor miliknya. Namun, BBM tersebut tak sengaja tumpah , sementara tak jauh dari lokasinya terdapat kompor yang menyala dan sedang memasak air, api kemudian langsung menyala dan membakar bangunan kios tersebut.

Kejadian itu sontak membuat warga sekitar panik dan berusaha menyelamatkan barang-barangnya karena takut api akan merembet ke bangunan lain. Apalagi, sempat terdengar suara ledakan yang cukup keras dari arah kios tersebut. Ledakan tersebut berasal dari sepeda motor milik korban yang ikut terbakar saat kejadian. 

"Awalnya saya mendengar suara ledakan, lalu saya ke luar rumah dan melihat kebakaran di kios Kai Odot. Warga panik, ada yang mencoba memadamkan dan sebagian menyelamatkan barang-barang karena takut api semakin membesar, beruntung petugas pemadam segera tiba di lokasi," ujar salah seorang warga setempat Rizky.

Sedangkan, Agus Wahyudi melanjutkan pemilik kios bernama Rusdiansyah berusia 65 tahun atau yang biasa dipanggil Kai Odot berhasil menyelamatkan diri, meski mengalami luka di bagian lengan dan kaki.

"Untuk korban mengalami luka ringan dan sudah kami evakuasi ke rumah sakit terdekat. Untuk penyebab kebakaran itu masih bersifat dugaan sementara, karena masih dalam investigasi dan yang berwenang adalah pihak kepolisian," lanjut Agus.

Baca juga: Gebyar undian berhadiah PBB-P2 Kotim apresiasi bagi wajib pajak disiplin

Dalam upaya memadamkan kebakaran itu Disdamkarmat Kotim mengerahkan 3 unit mobil pemadam, dibantu dengan Redkar Ketapi 3, serta warga sekitar. Berkat kerja sama tersebut api berhasil dipadamkan pada pukul 07:20 WIB. Pemadaman ini tergolong cepat mengingat kebakaran terjadi di kawasan padat penduduk dengan bangunan yang saling berdempetan. 

Kendati demikian, kebakaran sempat merembet ke bangunan sebelah kanan dan kiri kios tersebut, antara lain bangunan kosong yang terbakar sekitar 30 persen dan kios sembako 20 persen. 

Ketiga bangunan yang terbakar ini terbuat dari material kayu yang cukup mudah terbakar. Adapun, untuk kerugian materil dari ketiga bangunan itu diperkirakan mencapai Rp80 juta. 

Kasus kebakaran ini sekarang telah ditangani pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Ketapang guna mengungkap penyebab pasti dari musibah kebakaran tersebut.

Baca juga: Pembangunan BLK Kemnaker di Kotim mulai berjalan

Baca juga: KPU Kotawaringin Timur fasilitasi pemasangan APK di 413 titik

Baca juga: Pemkab Kotim bersiap laksanakan lelang jabatan

Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024