Buntok, Kalteng (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kalimantan Tengah Nuryakin menyatakan bahwa pemerintah provinsi melaksanakan pasar murah di tiga titik di Kabupaten Barito Selatan, dan menyediakan sebanyak 1.600 bahan pokok yang dapat dibeli masyarakat jelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.

"Selain menggelar pasar murah dan menyediakan 1.600 bahan pokok, Pemprov Kalteng juga menyerahkan sekitar 35 ekor sapi kurban untuk  Idul Adha tahun ini," kata Nuryakin di Buntok, Kamis.

Dirinya pun berharap melalui kegiatan yang dilaksanakan ini dapat membantu masyarakat dan juga dapat menjaga stabilitas harga bahan pokok, sehingga bisa tetap stabil di pasaran. Sebab, menjelang hari-hari besar keagamaan, bahan pokok, biasanya akan terjadi lonjakan harga dan ini merupakan salah satu upaya dalam menstabilkan harga bahan pokok di pasaran.

Mantan Wakil Bupati Murung Raya itu mengatakan dalam kegiatan pasar murah ini, harga paket berupa beras kemasan 10 kilogram dan minyak goreng kemasan 1 liter tersebut sebesar Rp20 ribu, dan berdasarkan hasil kesepakatan, paket bahan pokok tersebut digratiskan kepada masyarakat.

"Kami berharap melalui kegiatan pasar murah yang dilaksanakan ini, angka inflasi di Kalimantan Tengah ini bisa tertangani dengan baik," kata Nuryakin.

Sementara itu, Sekda Barito Selatan, Eddy Purwanto menyampaikan untuk kegiatan pasar murah ini difokuskan di tiga kecamatan. Di mana tiga titik itu, yakni Kecamatan Dusun Selatan, Kecamatan Gunung Bintang Awai dan di Kecamatan Jenamas," terangnya.

Baca juga: Bantu warga, DKP Kalteng laksanakan Gerakan Pasar Murah di Barito Timur

Pada kesempatan itu, dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Kalimantan Tengah, karena selain menyiapkan bahan pokok gratis, juga menyerahkan sebanyak 35 ekor sapi.

"Ini tentunya merupakan upaya yang luar biasa dari pemerintah provinsi Kalimantan Tengah dalam upaya menjaga angka inflasi khususnya di Barito Selatan," tambah dia.

Dirinya pun mengakui bahwa Pemkab Barsel beberapa waktu lalu, telah melaksanakan hal yang sama di beberapa desa yang ada di kabupaten yang berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini.

"Hal itu sebagai upaya membantu masyarakat dan mengantisipasi terjadinya inflasi di daerah ini," demikian Eddy.

Baca juga: Bantu masyarakat, Gubernur Kalteng instruksikan pelaksanaan pasar murah berbagai daerah

Baca juga: Pasar murah pemprov hadir di sembilan kecamatan wilayah Gumas

Baca juga: Ketua DPRD Barut apresiasi operasi pasar murah di kecamatan

Pewarta : Bayu Ilmiawan
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024