Kuala Kurun (ANTARA) -
Penjabat Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Herson B Aden mengajak seluruh elemen masyarakat di daerah setempat memperkuat semangat gotong royong, demi menjaga kebersihan lingkungan desa/kelurahan masing-masing.
 
“Pepatah mengatakan bersih pangkal sehat. Jadi kebersihan lingkungan itu menjadi tanggung jawab kita bersama,” ucap Herson di sela kegiatan gotong royong di Taman Kota Kuala Kurun, Selasa.
 
Untuk diketahui, Pj Bupati Gumas, bersama Sekretaris Daerah Richard, sejumlah kepala perangkat daerah dan staf, secara spontan sepakat melaksanakan gotong royong. Terlebih hari ini sedang libur cuti bersama.
 
Gotong royong dimulai pukul 06.00 WIB, di mana para pejabat tadi membersihkan selokan-selokan di Taman Kota Kuala Kurun. Bersama para pemangku kepentingan lainnya, mereka bergotong royong demi kebersihan lingkungan.
 
Dia menyebut kebersihan lingkungan sekitar, termasuk selokan, harus benar-benar diperhatikan. Terlebih sejumlah wilayah di kabupaten setempat diguyur hujan yang cukup lebat dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Ketua DPRD Gumas inginkan Festival Budaya Mihing Manasa pererat silaturahmi
 
Jika selokan bersih, maka air akan mudah mengalir. Dengan demikian, ke depan saat hujan turun dengan lebat maka masyarakat tidak perlu khawatir terjadi banjir yang disebabkan selokan tersumbat sampah.
 
“Saya ingin kita semua menjaga kebersihan, baik itu di desa maupun di kelurahan yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau. Bersih itu sehat,” kata Herson.
 
Sementara itu, Asisten III Sekretariat Daerah Gumas Letus Guntur menyambut baik dan mendukung penuh gotong royong ini. Dia juga berharap budaya gotong royong terus terjaga dan terpelihara di dalam diri masyarakat kabupaten setempat.
 
“Walau gotong royong ini dilaksanakan pada hari libur cuti bersama, saya pribadi tidak mempermasalahkan, karena tujuannya adalah untuk kebersihan lingkungan, kenyamanan, serta kesehatan kita bersama,” demikian Letus.

Baca juga: Rangkaian hari jadi ke-22 Gumas turut dukung Gernas BBWI

Baca juga: Berbagai produk lokal ditampilkan pada Pameran Pembangunan Gumas 2024

Baca juga: Gumas lestarikan budaya melalui Festival Budaya Mihing Manasa 2024

Pewarta : Chandra
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024