Sampit (ANTARA) - Bupati Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah Halikinnor menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah dan masyarakat Desa Gunung Makmur Kecamatan Antang Kalang yang berinisiatif menghibahkan tanah kas desa untuk pembangunan Puskesmas Antang Kalang II.

"Saya selaku bupati dan Kepala Dinas Kesehatan jaminannya bahwa tahun depan ini akan dibangun. Makanya tanahnya diratakan dulu. Kita usahakan awal tahun 2025 mulai dibangun sehingga akhir tahun sudah bisa diresmikan," kata Halikinnor saat meninjau tanah yang dihibahkan tersebut,  Selasa.

Sebelum datang meninjau lokasi tersebut, Halikinnor meresmikan penggunaan gedung baru Kecamatan Antang Kalang. Dia juga melantik Saptomo menjadi Penjabat Kepala Desa Gunung Makmur. Saptomo menggantikan posisi kepala desa sebelumnya yaitu Kristanto yang meninggal dunia beberapa waktu lalu.

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Umar Kaderi, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Raihansyah, Kepala DPMPTSP Diana Setiawan, Kepala Dinas Sosial Hawianan, Kepala Dinas Bina Marga Mentana Dhinar Tistama dan Camat Antang Kalang Sony.

Halikinnor memuji semangat dan kekompakan pemerintah dan masyarakat Desa Gunung Makmur dalam membangun desanya. Tidak heran jika desa ini meraih juara II lomba desa kategori regional tingkat Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2023.

Hibah tanah tersebut menunjukkan keseriusan pemerintah dan masyarakat Desa Gunung Makmur dalam membangun, khususnya di bidang kesehatan. Ini sejalan dengan prioritas pembangunan Kabupaten Kotawaringin Timur di bidang kesehatan dan pendidikan.

Untuk itu dia berterima kasih kepada Desa Gunung Makmur yang sudah menghibahkan satu hektare lahan ini. Dia meminta perusahaan besar di daerah itu meminjamkan alat berat untuk meratakan tanah tersebut.

Baca juga: Masyarakat Desa Sungai Hanya terharu akhirnya bisa menikmati listrik

Halikinnor memerintahkan Dinas Kesehatan untuk memprogramkan pembangunan Puskesmas Antang Kalang II. Dia juga memerintahkan Dinas Bina Marga untuk meningkatkan jalan di desa tersebut demi kelancaran aktivitas masyarakat. 

"Insyaallah untuk puskesmas ini tahun 2025 kita bangun. Sudah dihitung Pak Umar (Kadis Kesehatan) bahwa anggarannya sekitar Rp4 miliar hingga Rp4,5 miliar. Saya ingin bangunannya representatif sehingga ke depan bisa untuk melayani rawat inap," ujar Halikinnor. 

Sekretaris Desa Gunung Makmur Shantiko Hatmojo menyampaikan terima kasih masyarakatnya atas perhatian Bupati Halikinnor. Inisiatif pengusulan pembangunan Puskesmas Antang Kalang II tersebut memang didasarkan pada kebutuhan masyarakat terhadap layanan kesehatan. 

Pria yang akrab disapa Eko menjelaskan, desa mereka berjarak sekitar 25 kilometer dari Puskesmas Antang Kalang yang ada saat ini. Kondisi ini tentu cukup menjadi kendala bagi warga untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara optimal.

Jika Puskesmas Antang Kalang II dibangun di tanah yang sudah mereka hibahkan maka manfaatnya akan sangat besar bagi masyarakat. Selain untuk Desa Gunung Makmur, Puskesmas Antang Kalang II juga nantinya bisa memudahkan masyarakat desa sekitar untuk lebih dekat dalam mendapatkan layanan kesehatan tersebut.

"Kami sangat senang dan berterima kasih atas perhatian Pak Bupati terhadap desa kami. Mudah-mudahan ini semua bisa terwujud sesuai harapan tanpa ada kendala berarti," demikian Eko.

Baca juga: Disbudpar Kotim lestarikan warisan kebudayaan dengan edukatif kultural

Baca juga: Kecamatan Antang Kalang tempati kantor baru untuk optimalkan pelayanan

Baca juga: Rute penerbangan Sampit-Surabaya ditiadakan sementara

Pewarta : Norjani
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024