Palangka Raya (ANTARA) - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah mengatakan di momentum Hari Anak Nasional (HAN) 2024 seluruh peserta didik di daerah setempat, menjadi anak yang unggul sesuai dengan kemampuannya di bidang apa saja.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan di Palangka Raya, Selasa, mengatakan HAN jatuh pada 23 Juli 2024 menjadi pentingnya peran anak sebagai generasi penerus bangsa yang unggul dalam segala hal.

"Untuk tema HAN ke-40 Tahun 2024 ini mengusung tema 'Anak Terlindungi,Indonesia Maju. Tema ini mempunyai makna mendalam yang menekankan betapa pentingnya menjaga dan melindungi hak-hak anak untuk kemajuan masa depan bangsa Indonesia," kata Vico.

Dia menuturkan, dalam kegiatan peringatan HAN juga telah terkandung nilai-nilai dasar dalam penerapannya terhadap anak-anak Indonesia, yakni berakhlak mulia, bahagia, peduli, berani dan cerdas.

Maka dari itu Disdik Kota Palangka Raya sangat mendukung penuh terkait tema tersebut, bahkan mengajak seluruh peserta didik di wilayah itu untuk menjadi anak yang unggul, sesuai dengan nilai-nilai dasar yang terkandung dalam peringatan HAN.

"Semoga peringatan HAN tahun ini benar-benar sangat bermakna bagi anak-anak kita khususnya di daerah Kota Palangka Raya semakin berkembang baik pola pikir serta lain sebagainya," katanya.

Vico juga menegaskan, bahwa dalam sub tema HAN 2024 juga ada menyebutkan bahwa Suara Anak Membangun Bangsa tentunya akan memberikan kesempatan terhadap anak-anak untuk menyampaikan ide-ide mereka sehingga kebutuhan atas perlindungan dan hak-hak dapat dipenuhi dengan cara yang paling sesuai dengan kepentingan.

Selanjutnya juga ada Pancasila di Hati Anak Indonesia dengan maksud, di dalam era globalisasi serta pengaruh negatifnya, nilai-nilai Pancasila perlu ditanamkan dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari terhadap anak-anak.

"Kemudian 'Anak Pelopor dan Pelopor' memupuk keberanian dan jiwa kepemimpinan anak Indonesia agar dapat membela hak-haknya dan berperan sebagai pelapor ketika terjadi pelanggaran hak anak. Sehingga dapat mendidik anak-anak terkait tanggung jawab sebagai agen perubahan sosial," ungkapnya.

Dengan semangat HAN, Disdik Kota Palangka Raya berharap para peserta didik dapat menjadi anak yang unggul, terlindungi dan berkontribusi positif bagi kemajuan bangsa.

Pewarta : Adi Wibowo
Uploader : Admin 1
Copyright © ANTARA 2024