Kasongan (ANTARA) - Penjabat Bupati Katingan Saiful menginginkan pelaksanaan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-9 tingkat Kabupaten Katingan di Kecamatan Katingan Tengah menjadi ajang untuk menunjukkan dan meningkatkan Seni Qasidah.

"Akan tetapi yang juga harus diingat bahwa kita di sini bukan hanya mengejar prestasi. Prestasi itu adalah bagian dari harapan. Namun dari puncak semua itu adalah yang pertama kita ingin bersama-sama menjadi bagian yang menegakkan Syiar Seni Islam," kata Saiful, di Katingan, kemarin.

Dia mengatakan FSQ juga sebagai salah satu bagian dalam membangun silaturahmi dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat. Terutama dalam membangun kondisi yang kondusif, rukun, aman, damai dan tenteram di Kabupaten Katingan.

FSQ juga bertujuan menggali potensi sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Katingan dari sisi seni budaya yang bersifat religius. Dengan segala potensi-potensi yang ada, SDM harus terus ditingkatkan daya saingnya.

"Silahkan berlomba, berprestasi dengan sebaik-baiknya. Selalu tekankan semua adalah bagian keluarga besar masyarakat Kabupaten Katingan. Maka lomba ini bukan hanya kemenangan atau mengalahkan tetapi ajang menggelorakan seni qasidah yang berkualitas," katanya.

Lebih dari itu, pelaksanaan FSQ juga untuk merasakan kondisi yang rukun aman dan damai sebagai wujud suasana masyarakat yang sejahtera.

Hal ini sebagaimana termaktub dalam semboyan Kabupaten Katingan Penyang Hinje Simpei yang berarti hidup rukun dan damai untuk kesejahteraan bersama.

"Mari kita sukseskan acara ini dengan sebaik-baiknya. Kepada para camat yang hadir saat ini agar senantiasa mendampingi dan memonitoring kafilah-kafilah yang hadir," katanya.

Baca juga: Pemkab Katingan laksanakan Pawai Ta'aruf FSQ gemakan syiar Islam

Dia juga meminta para petugas kesehatan yang ada agar memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada peserta FSQ.

Ketua DPD Lasqi Kabupaten Katingan Endang Susilawatie, mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu program pokok DPD Lasqi Kabupaten Katingan, yang diharapkan akan dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan Seni Qasidah di Kabupaten Katingan.

Cabang lomba Festival Seni Qasidah ke-9 tingkat Kabupaten Katingan sebanyak 12 cabang lomba. Kegiatan ini diikuti oleh semua kecamatan se-Kabupaten Katingan.

"Kami meyakini bahwa kegiatan semacam ini akan dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan para pengurus Lasqi pada setiap tingkatannya dan seluruh peserta yang terlibat di dalamnya, serta masyarakat pada umumnya," terangnya.

Dia mengatakan, dengan terselenggaranya kegiatan ini diharapkan dapat mempererat Ukhuwah Islamiyah dan terlestarikannya kreasi seni budaya pesisir yang berkolaborasi dengan seni budaya daerah.

"Sehingga menunjang program pemerintah di bidang seni budaya dari pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan moral bangsa, agama dan negara," katanya.

Dia menambahkan, FSQ juga sebagai wadah dalam menunjang pembinaan mental, pengembangan dan peningkatan minat, bakat serta potensi dalam seni qasidah masyarakat Kabupaten Katingan.

Baca juga: BPJS Kesehatan-Kejari Katingan kerja sama tingkatkan kepatuhan pengusaha

Baca juga: Wagub Kalteng minta Pemkab Katingan tingkatkan pembangunan berkelanjutan

Baca juga: Pemkab Katingan apresiasi peran Polres jaga Kamtibmas

Pewarta : Naslee/Rendhik Andika
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024