Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit Widodo mengajak sekaligus meminta seluruh masyarakat di wilayah setempat, agar dapat mewaspadai adanya hewan liar yang masuk ke permukiman dan rumah warga.

"Sekarang kan Kota Palangka Raya sedang memasuki musim peralihan dari hujan ke kemarau sehingga membuat habitat hewan-hewan liar menjadi kekeringan," katanya di Palangka Raya, Rabu.

Hal tersebut membuat hewan-hewan liar kemudian keluar dari habitat awalnya yang kini kekeringan dan mencari habitat baru yang lebih lembab. Untuk itu, akhir-akhir ini Tim Rescue Diskarmat Kota Palangka Raya kerap mengevakuasi hewan liar yang masuk dalam permukiman dan rumah-rumah warga.

"Selain lembab, kan hewan liar ini juga mencari mangsa yang ada di rumah-rumah warga, seperti tikus dan sebagainya. Ini yang menjadi penyebab hewan liar masuk ke rumah warga," ucapnya.

Legislator Palangka Raya juga mengingatkan dan meminta kepada seluruh orang tua, agar dapat mengedukasi anak-anaknya untuk tidak bermain di sembarangan tempat yang dikhawatirkan menjadi lintasan hewan liar berpindah tempat.

Dirinya mengkhawatirkan, anak-anak bermain di sekitar hutan yang kekeringan yang terdapat hewan liar tengah berpindah untuk mencari habitat baru.

"Karena kan kalau hewan liar itu seperti merasa terganggu, justru bisa menyerang. Yang dikhawatirkan itu kalau hewan liar nya memiliki bisa dan dapat menghilangkan nyawa anak-anak," ujarnya.

Baca juga: Pasokan pangan di Palangka Raya stabil

Politisi PDI Perjuangan ini juga meminta kepada seluruh masyarakat, agar tidak menangani sendiri hewan liar yang masuk ke dalam rumah-rumah warga. Warga diminta agar dapat segera menghubungi Call Center 112 Palangka Raya untuk meminta bantuan dalam mengevakuasi hewan liar agar tidak ada korban jiwa.

"Kita kan tidak tahu hewan liar jenis apa yang masuk ke rumah, misalnya ular, itu kan macam-macam jenisnya, ada yang berbisa ada yang tida. Jadi lebih aman kita meminta bantuan dari tim yang ahli saja," demikian Sigit Widodo.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya kembangkan padi di lahan gambut

Baca juga: Pemkot Palangka Raya optimalkan peran KWT perkuat ketahanan pangan

Baca juga: KPU Palangka Raya libatkan media massa tekan penyebaran hoaks di Pilkada 2024

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024