Tamiang Layang (ANTARA) - Sejumlah pedagang atau pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mengaku senang karena penghasilan alami peningkatan saat berjualan di areal Festival Budaya Nansarunai Jajaka (FBNJ)  2024.

"Per hari bisa mendapatkan rata-rata Rp500 ribu sampai Rp700 ribu," kata pemilih Dapur Yummy, Mama Lucky di Tamiang Layang, Sabtu malam.

Menurutnya, peningkatan pengasilan ini lebih tinggi dibandingkan Batim Expo dan  Pemeran UMKM 2024 yang baru dilaksanakan awal bulan kemarin. Di mana penghasilan FBNJ 2024 juga lebih meningkat dari FBNJ 2023 yang dilaksanakan pada 2023 lalu.

"Kalau dulu hanya berkisar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per hari. Kalau pada BfBNJ 2024 Ini jauh sekali," kata Mama Lucky.

Dapur Yummy menyediakan aneka makanan seperti Nasi Ayam Katsu, Mie Yummy, Migor Yummy dan Salad Buah Yummy..

Demikian juga disampaikan pemilik Dapur Bu Tanti, pendapatan dihari pertama dibukanya FBNJ 2024 memang sedikit karena hujan sejak sore dan malam hari.

Namun demikian, Tanti merasa senang karena pada hari kedua hingga malam penutupan FBNJ, pengunjung ramai dan membeli aneka penganan dan minuman yang dijual pelaku UMKM.

"Senang karena pendapatan juga naik," kata pemilik Dapur Bu Tanti, Tanti di Tamiang Layang.

Menurutnya, pendapatan harian dari penjualan barang yang didagangkan bervariasi. Namun . tambahnya, rata-rata penghasilan satu hari satu pelaku usaha mencapai Rp300 hingga Rp500 ribu  bahkan bisa lebih.

Tanti merupakan salah satu pelaku UMKM yang menjual produk Keripik Khas Barito Timur. Dia jua menyelingi jualannya dengan menjual gorengan pisang coklat.

Baca juga: Harga masih stabil, toko emas di Barito Timur sepi pembeli

"Mudah-mudahan pada malam ini hingga malam penutupan nanti akan terus ramai," kata Tanti lagi.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Barito Timur, Herawani mengaku senang mendapatkan kabar baik tersebut. 

Katanya, stand UMKM dengan sengaja disediakan agar masyarakat bisa berbelanja dan sekaligus pembinaan UMKM  melalui Disbudparpora yang bekerjasama dengan Disperindagkop dan UKM Barito Timur.

"Malam ini diadakan acara penutupan FBNJ 2024  kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung pelestarian budaya hingga acara ini selesai," demikian Herawani.

Baca juga: KPU Bartim: Tiga paslon mendaftar Pilkada Bartim

Baca juga: Pemkab Bartim siapkan 17 stan UMKM di FBNJ 2024

Baca juga: Kadis PUPR Perkim Bartim tegaskan pembangunan perkantoran tidak hilangkan nuansa Dayak

Pewarta : Habibullah
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024