Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sudarto meminta seluruh masyarakat agar dapat mengaktifkan kembali sistem keamanan keliling atau siskamling untuk meningkatkan kewaspadaan.

"Ini merupakan bentuk partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan tempat tinggal masing-masing." katanya di Palangka Raya, Kamis.

Dirinya menjelaskan, bahwa pos siskamling merupakan salah satu pilar penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan permukiman masyarakat. Untuk itu, dengan adanya pos siskamling, warga dapat saling mengawasi dan melaporkan berbagai kejadian-kejadian mencurigakan yang terjadi di lingkungan sekitar.

"Pos siskamling merupakan wadah bagi warga untuk saling berkoordinasi dan berkomunikasi dalam menjaga keamanan lingkungan, keberadaan pos siskamling juga dapat meningkatkan rasa aman dan nyaman bagi warga," ucapnya.

Sudarto pun berharap agar aktivitas pos siskamling dapat terus diaktifkan dan ditingkatkan oleh masyarakat di seluruh wilayah Kota Palangka Raya. Bahkan dirinya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan aktif secara sukarela dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar.

"Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Palangka Raya, dengan adanya pos siskamling yang aktif, kita dapat menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh warga," ujarnya.

Baca juga: Legislator Palangka Raya minta masyarakat tak terhasut isu hoaks kebakaran rumah

Ketua Fraksi Golkar DPRD Kota Palangka Raya ini juga meminta kepolisian untuk dapat melakukan patroli ke seluruh wilayah yang rawan terjadinya aksi tindak pidana.

Hal ini tentunya membantu masyarakat untuk menjaga situasi keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif di tengah berbagai kondisi di Kota Palangka Raya.

"Dengan adanya sinergi ini tentunya saya yakin keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat bisa terjaga dengan kondusif dan tindak kriminalitas bisa dicegah," demikian Sudarto.

Baca juga: Polisi tangkap dua tersangka pembakaran rumah kosong di Palangka Raya

Baca juga: DPRD tekankan pentingnya respon cepat terhadap rancangan perubahan APBD 2024

Baca juga: DPRD sebut pentingnya perluasan layanan internet dukung kemajuan pendidikan

Pewarta : Rajib Rizali
Uploader : Admin 3
Copyright © ANTARA 2024