Palangka Raya (ANTARA) -
Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Bennie Brian Tonny Embang meminta generasi muda agar dapat turut serta dalam pelestarian budaya.
 
"Mengingat generasi muda memiliki peran krusial dalam menjaga kelestarian budaya Kalimantan Tengah. Di tengah arus globalisasi yang kian deras, penting bagi generasi muda untuk memahami dan mencintai warisan budaya leluhur," katanya di Palangka Raya, Kamis.
 
Dia menjelaskan, pelestarian budaya bukan hanya sekadar menjaga tradisi, tetapi juga menjaga identitas dan jati diri, serta merupakan aset bangsa yang perlu dijaga dan diwariskan kepada generasi penerus.
 
Untuk itu dia menyarankan agar sanggar seni yang ada di Palangka Raya juga dapat turut andil dalam melestarikan budaya Kalimantan Tengah.
 
"Sanggar seni dapat menjadi wadah bagi generasi muda untuk belajar dan mempraktikkan berbagai jenis kesenian tradisional yang merupakan budaya Kalimantan Tengah," ucapnya.

Baca juga: Pemkab Gumas gandeng LPPM UPR susun potensi produk unggulan daerah
 
Untuk itu Bennie meminta agar sanggar seni dapat berkoordinasi dengan pemerintah kota untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan seni budaya, seperti festival tari, musik, dan teater.
 
Selain sanggar seni, sekolah juga memiliki peran penting dalam menanamkan kecintaan terhadap budaya, yakni dengan memasukkan kegiatan ekstrakurikuler yang bertemakan budaya, seperti tari daerah, musik tradisional, dan kerajinan tangan.
 
"Dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler seperti itu, generasi muda dapat belajar dan mengenal lebih dalam budaya Kalimantan Tengah, sehingga nantinya akan tumbuh kecintaan dari dalam diri mereka," ujarnya.
 
Politisi PDI Perjuangan ini berharap agar sekolah dapat bekerja sama dengan sanggar seni dan komunitas budaya untuk memberikan pelatihan dan bimbingan kepada siswa.
 
Dia juga mendorong pemerintah lebih aktif dalam mempromosikan dan melestarikan budaya Kalimantan Tengah, dengan mengadakan berbagai kegiatan bertemakan budaya, seperti festival budaya, pameran seni, dan lomba seni.
 
"Dengan adanya kegiatan menarik, generasi muda akan lebih mudah memahami dan mencintai budaya. Generasi muda adalah agen perubahan, mereka dapat berperan aktif dalam melestarikan budaya dengan berbagai cara," demikian Bennie.

Baca juga: Akademisi tingkatkan mitigasi lingkungan lewat pengelolaan sampah

Baca juga: Unsur pimpinan definitif DPRD Palangka Raya segera dilantik

Baca juga: Pengembangan pariwisata di Palangka Raya harus sejalan dengan kesejahteraan UMKM

Pewarta : Rajib Rizali
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024