Palangka Raya (ANTARA) -
Akademisi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya (UMPR) dan Universitas Palangka Raya (UPR) berupaya bersama dalam meningkatkan mitigasi permasalahan lingkungan lewat pengelolaan sampah organic di daerah setempat.
 
"Upaya ini kami laksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan berkelanjutan," kata Ketua Pelaksana Program Pengabdian Masyarakat UMPR Pienyani Rosawanti SP MSi di Palangka Raya, Kamis.
 
Dia menerangkan, kegiatan ini menyasar sejumlah elemen masyarakat dan organisasi terkait, termasuk Pengurus Wilayah dan Daerah Muhammadiyah serta Aisyiah Kota Palangka Raya.
 
Pada pelaksanaan program pengabdian masyarakat tersebut, Pienyani didukung Muh Supwatul Hakim SSi MSc dari Universitas Palangka Raya, serta Muh Azhari serta mahasiswa Teknik Lingkungan UMPR, Norhalidah dan Tegar Pratama.
 
"Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai pentingnya mitigasi permasalahan lingkungan melalui pengolahan sampah organik," katanya.

Baca juga: Tim UMPR dampingi guru SD implementasikan Kurikulum Merdeka
 
Melalui pengelolaan sampah yang tepat, masyarakat dapat turut berkontribusi dalam mengurangi dampak negatif sampah terhadap lingkungan.

Masyarakat, khususnya mitra organisasi kami, dapat melakukan mitigasi pengolahan sampah dengan memanfaatkan komposter yang telah kami ajarkan.
 
"Selain itu, para peserta juga mendapat kesempatan untuk mempraktikkan langsung pembuatan kompos dari bahan-bahan organik yang ada di sekitar mereka," katanya.
 
Kegiatan sosialisasi dan praktis yang dilakukan pada kegiatan pengabdian menekankan pentingnya memanfaatkan sampah organik, seperti sampah kering dari daun-daun dan sampah basah dari sisa buah-buahan.

Melalui penggunaan komposter, diharapkan masyarakat dapat mengolah sampah tersebut menjadi kompos yang bermanfaat bagi sektor pertanian dan perkebunan serta lingkungan sekitar.
 
Kegiatan ini mendapat dukungan penuh dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui hibah pengabdian kepada masyarakat tahun 2024.
 
Melalui kegiatan ini, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya berupaya menunjukkan perannya dalam memecahkan masalah lingkungan melalui pendekatan praktis yang dapat diterapkan oleh masyarakat luas.

Baca juga: Puncak reuni akbar alumni Fisipol UMPR dimeriahkan jalan sehat

Baca juga: Reuni Akbar Alumni Fisipol UMPR dimeriahkan 'welcome party'

Baca juga: Reuni Akbar Fisipol UMPR akan hadirkan semua calon gubernur Kalteng

Pewarta : Rendhik Andika
Editor : Muhammad Arif Hidayat
Copyright © ANTARA 2024