Sampit (ANTARA) - Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Sanggul Lumban Gaol mengharapkan kepeloporan pemuda dalam mendukung program-program pembangunan demi masa depan daerah yang lebih baik.

“Kepeloporan pemuda itu yang diharapkan, kami pemerintah daerah mendukung itu dan kami siap memberikan arahan kepada para pemuda sepanjang mereka mau bersikap aktif,” kata Sanggul di Sampit, Senin.

Hal ini ia sampaikan usai memimpin upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di halaman Kantor Bupati Kotim bersama organisasi kepemudaan, mahasiswa, pelajar SMA, TNI, Polri dan ASN di lingkungan setempat, serta turut hadiri FKPD Kotim.

Sanggul menuturkan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 96 ini tidak bisa dianggap muda lagi, karena hanya kurang 4 tahun maka hari yang bersejarah bagi masyarakat Indonesia ini genap satu abad.

Oleh karena itu, ia berharap di usia yang tak lagi muda ini kesadaran masyarakat, khususnya pemuda untuk berpartisipasi dalam program-program pemerintah, baik tingkat nasional, daerah hingga pelosok desa bisa ditingkatkan.

Peran pemuda sangat penting untuk mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045. Untuk itu, para pemuda mempersiapkan diri semaksimal mungkin menghadapi tantangan zaman yang terus berkembang.

“Kita tau kalau zaman sekarang semua serba digital, perkembangan teknologi sudah semakin maju dan canggih, maka dari itu pemuda juga harus dipersiapkan,” ujarnya.

Dalam hal ini, kepeloporan pemuda merupakan suatu hal yang sangat diharapkan. Kepeloporan pemuda adalah semangat pemuda untuk mengembangkan potensi diri, melakukan terobosan, dan memberikan solusi atas berbagai masalah. 

Kepeloporan pemuda dilakukan dengan sikap sukarelawan, tanggung jawab, dan kepedulian serta mengisi masa muda dengan hal-hal yang positif dan mencerdaskan kehidupan pemuda di masa yang akan datang.

Baca juga: Komisi III DPRD Kotim didorong lakukan evaluasi kinerja rumah sakit

“Untuk itu para pemuda harus memiliki semangat juang yang tinggi. Semangat untuk bisa melihat peluang tentang apa saja yang bisa dilakukan, baik itu untuk kebaikan diri sendiri, keluarga maupun daerah,” ucapnya.

Di sisi lain, Sanggul juga menyadari seiring dengan perkembangan zaman maka godaan atau tantangan bagi generasi muda untuk berada di jalan yang lurus semakin berat. Salah satunya adalah godaan narkoba.

Maka dari itu, pria yang juga menjabat sebagai pelaksana harian Ketua Badan Narkotika Kabupaten Kotim ini berpesan agar pemuda Kotim menghindari narkoba dan perbuatan negatif lainnya yang bisa merusak sendi-sendi bangsa.

“Pemuda harus berpikir yang positif dan mengisi hari-harinya dengan hal yang bermanfaat, sehingga dia bisa menjadikan dirinya itu berguna untuk kesempatan-kesempatan pada saatnya nanti mereka diminta untuk berkiprah dalam kehidupan berbangsa dan bernegara ini,” demikian Sanggul.

Senada disampaikan, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kotim, Achmad Julianto, menekankan pentingnya partisipasi generasi muda dalam pembangunan daerah, khususnya terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang sebentar lagi digelar.

Momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda, ia mengajak anak muda untuk terlibat aktif, bukan hanya sebagai pemilih tetapi juga dalam berbagai aspek penyelenggaraan Pilkada.

“Kami sangat berharap anak muda bisa terlibat aktif dan tidak apatis dalam Pilkada. Keterlibatan mereka sangat penting agar Pilkada kali ini berjalan dengan baik. Partisipasi dapat diwujudkan baik sebagai pemilih, penyelenggara, maupun bagian dari tim sukses kandidat yang mereka anggap layak,” demikian Julianto.

Baca juga: Ketua DPRD berharap atlet Kotim berprestasi di Pra Popnas

Baca juga: Sidak ke RSUD dr Murjani Sampit, DPRD dapati berbagai permasalahan

Baca juga: Legislator Kotim ajak masyarakat manfaatkan program berobat gratis

Pewarta : Devita Maulina
Uploader : Admin 2
Copyright © ANTARA 2024