Pemkab Barsel Diharapkan Tata Pedagang Batu Akik

id Tata Pedagang Batu Akik, Pemkab Barsel Diharapkan

Pemkab Barsel Diharapkan Tata Pedagang Batu Akik

Ilustrasi, Salah satu pedagang batu akik rumahan. (FOTO ANTARA Kalteng/Ronny NT)

Buntok (Antara Kalteng) - Warga masyarakat Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah mengharapkan pemerintah ikut menata pedagang batu akik di daerah tersebut.

"Hal tersebut agar para penjual batu akik bisa tertata rapi disatu tempat," kata salah seorang pengrajin batu akik di kota Buntok, Suwono di Buntok, Sabtu.

Dia mengharapkan instansi terkait dapat memberikan ruang atau tempat khusus bagi para pengrajin maupun penjual batu akik.

Tempat tersebut bertujuan untuk memudahkan masyarakat pencinta batu indah itu dapat langsung datang ke lokasi untuk membeli batu maupun amban (pengikat batu akik).

"Dengan adanya tempat berjualan tersebut, maka tentunya akan dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD) Barsel dari retribusi pada sektor itu," ucap Suwono.

Ia menyampaikan, selama ini, para penjual bongkahan maupun batu akik yang sudah di bentuk tersebut menggelar dagangannya pada trotoar disejumlah jalan protokol dalam kota Buntok.

Padahal pada sejumlah kabupaten lainnya yang berada diwilayah Kalteng maupun di Kalimantan Selatan (Kalsel) telah ada dibuatkan tempat khusus untuk berjualan batu akik.

Dengan adanya tempat berjualan tersebut, maka para pembeli lokal maupun dari luar bisa lebih mudah mencari batu akik terutama batu akik khas Barsel, ujar Suwono.