Balai Bahasa Kalteng Adakan Penyuluhan Di Barsel

id Balai Bahasa Kalteng, kepala Balai Bahasa Kalteng, Sumadi, Kalteng

Balai Bahasa Kalteng Adakan Penyuluhan Di Barsel

Kepala Balai Bahasa provinsi Kalimantan Tengah, Sumadi. (FOTO ANTARA Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (Antara Kalteng) - Balai Bahasa provinsi Kalimantan Tengah mengadakan penyuluhan bahasa Indonesia bagi guru sekolah dasar di wilayah kabupaten Barito Selatan.

"Penyuluhan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar dalam penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar," kata kepala Balai Bahasa Kalteng, Sumadi, M. HUM, di Buntok, Senin.

Ia mengatakan, setelah mengikuti kegiatan penyuluhan ini diharapkan guru-guru dapat menggunakan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah yang termuat dalam tata bahasa maupun ejaan Bahasa Indonesia dalam menyampaikan materi pelajaran.

"Dengan demikian, maka isi mata pelajaran dapat di pahami secara cepat dan tepat oleh semua anak didik guru bersangkutan," ucapnya.

Ini penting mengingat para guru yang mengajar di sekolah dasar harus mampu mengajar seluruh mata pelajaran selain pelajaran Agama dan pelajaran olahraga.

Menurut dia, selain melaksanakan penyuluhan bahasa Indonesia, pihaknya juga akan melaksanakan pelatihan penyusunan karya tulis ilmiah bagi guru-guru sekolah dasar.

"Pelatihan itu dilakukan karena salah satu syarat untuk pengusulan kenaikan pangkat guru dari golongan III/B keatas harus menulis karya tulis ilmiah," jelasnya.

Sementara kepala Pendidikan dan kebudayaan Barsel, H Raden Sudarto, SH menyampaikan pada kesempatan itu menyatakan sangat menyambut baik dengan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

"Melalui kegiatan ini diharapkan dapat lebih meningkatkan pengetahuan bagi guru dalam menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan dalam penulisan karya tulis ilmiah," kata dia.

Kegiatan penyuluhan bahasa Indonesia dan pelatihan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru sekolah dasar se Barsel tersebut berlangsung dari tanggal 14-16 September 2015 dan diikuti oleh 80 orang guru se Barsel.