Raul Gonzalez Putuskan "Gantung Sepatu"

id Raul Gonzalez Putuskan Gantung Sepatu, Real Madrid, Raul Gonzalez

Raul Gonzalez Putuskan "Gantung Sepatu"

Raul Gonzalez. (REUTERS / Fadi Al-Assaad)

New York (ANTARA Kalteng) - Mantan penyerang sekaligus pemegang rekor pencetak gol terbanyak Real Madrid, Raul Gonzalez, memutuskan gantung sepatu pada bulan November 2015 setelah 21 tahun berkarir sepak bola. 

Raul (38) yang satu musim bermain untuk klub Amerika Utara New York Cosmos telah memenangkan tiga gelar Liga Champions dan enam gelar La Liga untuk Real Madrid.

"Ketika saya menandatangani (kontrak) untuk New York Cosmos pada bulan Desember, saya mengatakan akan mengevaluasi persaaan saya menjelang akhir tahun dan menilai apakah saya akan terus bermain," kata Raul dilansir dari Reuters, Kamis (15/10) waktu setempat.

"Keputusan saya adalah pensiun pada akhir musim ini. Saya fokus untuk menyelesaikan musim dan membantu New York Cosmos memenangkan kejuaraan NASL. Bulan-bulan mendatang saya baru akan memutuskan langkah selanjutnya untuk karir saya," kata mantan penyerang timnas Spanyol itu.

Raul yang memiliki rekor 323 gol dalam 741 pertandingan juga bekerja sebagai penasihat teknik untuk akademi Cosmos dan diperkirakan akan mengambil alih jabatan itu secara penuh setelah pensiun.

"Bermain sepak bola adalah bagian hidup saya dan keputusan untuk pensiun adalah tidak mudah namun saya percaya ini waktu yang tepat," kata Raul, yang membuat debut Spanyol pada tahun 1996 dan mencetak 44 gol dalam 102 pertandingan internasional.

"Saya berterima kasih kepada semua orang yang mendukung karir saya dan saya berharap untuk tampil pada laga terakhir saya bersama New York Cosmos dalam beberapa minggu mendatang," jelas Raul.

Raul melakukan debut untuk "Los Blancos" pada bulan Oktober 1994 dalam pertandingan liga melawan Real Zaragoza. Dia meninggalkan Real Madrid pada 2010 untuk bergabung Schalke 04 dan membantu klub Bundesliga mencapai semi-final Liga Champions 2011. Raul pun pindah ke Al-Sadd Sports Club di Qatar pada 2012 kemudian bergabung dengan Cosmos.

"Raul adalah salah satu pemain yang paling ikonik di dunia. Saya tahu ketika kami mendatangkan dia dan dia membawa pengetahuannya di lapangan, gairah, profesionalisme, dan komitmen yang melebihi harapan saya," kata Pelatih Cosmos Giovanni Savarese.

Penerjemah: Alviansyah Pasaribu