Akademisi Unpar: MTQ Kalteng Beri Nikmat Banyak Orang

id Prof Dr HM Norsanie Darlan MS PH, akademisi universitas palangka raya, MTQ kalteng

Akademisi Unpar: MTQ Kalteng Beri Nikmat Banyak Orang

Ilustrasi, (istimewa)

Banjarmasin (Antara Kalteng) - Akademisi Universitas Pelangka Raya (Unpar) Kalimantan Tengah Prof Dr HM Norsanie Darlan MS PH berpendapat, Musabaqah Tilawatil Quran yang baru berlalu di provinsi itu mampu memberikan nikmat bagi banyak orang.
         
"Pasalnya banyak yang kita rasakan dari pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) di 'kota cantik' Palangkaraya itu, baik berupa matriil maupun spiritual," ujarnya kepada Antara Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Minggu.
         
Nikmat secara materiil dari MTQ itu, menurut Guru Besar pada perguruan tinggi negeri tertua di "Bumi Isen Mulang" (pantang mundur) Kalteng tersebut antara lain banyak warga mengambil kesempatan berjualan dengan beragam mata dagangan.
         
Begitu pula bagi peserta MTQ, terutama yang berhasil sebagai juara, mereka memboyong sejumlah hadiah, baik berupa uang tunai maupun bingkisan lain.
         
Kemudian nikmat secara spiritual, lanjut Koordinator Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) wilayah Kalteng itu, warga terutama yang menyaksikan MTQ tersebut merasa terhibur dengan lantunan kalam ilahi dari para qari dan qariah.
         
Selain itu, melalui MTQ semakin menumbuhkembangkan semangat ke-Islam-an serta siar Islam, ujar mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) asal Desa Anjir Serapat Kabupaten Kapuas, Kalteng tersebut.
         
Sementara nikmat spiritual bagi peserta MTQ terutama yang berhasil meraih juara pertama, mendapatkan hadiah untuk melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci Mekkah, yang nilainya tidak bisa terukur secara material.
         
"Nikmat lain dari MTQ tersebut, Gubernur Kalteng yang baru H. Sugianto bisa menyaksikan dan menyerahkan hadian kepada pemenang musabaqah itu. Apalagi Kalteng yang mayoritas penduduknya juga Muslim," demikian Norsanie Darlan.