Gantikan Farid Yusran, Mugeni Resmi Dilantik Jadi Penjabat Bupati Barsel

id Barito Selatan, Buntok, Barsel, Kalimantan Tengah H Mugeni, Gantikan Farid Yusran, Mugeni Resmi Dilantik, Penjabat Bupati Barsel

Gantikan Farid Yusran, Mugeni Resmi Dilantik Jadi Penjabat Bupati Barsel

Penjabat Bupati Barsel, H. Mugeni, SH, MH berfoto bersama mantan Bupati Barsel, M. Farid Yusran (Paling kiri) dan mantan Wakil Bupati Barsel, Satya Titiek Atyani Djoedir (Paling Kanan) usai acara pelantikan penjabat bupati Barsel di aula Jayang Tinga

Buntok (Antara  Kalteng ) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran melantik secara resmi H Mugeni, SH, MH menjadi penjabat Bupati kabupaten Barito Selatan.

Pelantikan yang berlangsung di aula Jayang Tingang kantor Gubernur Kalteng, Jumat itu berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri RI nomor 131.62/9733-2016 tanggal 6 Oktober 2016 tentang pengangkatan penjabat Bupati Barsel.

Pada kesempatan itu Gubernur mengatakan, sesuai dengan surat keputusan tersebut, masa jabatan penjabat bupati Barsel paling lama 1 tahun atau sampai dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Barito Selatan definitif.

"Penjabat bupati memiliki tugas menyelenggarakan pemerintahan di Barsel dan memfasilitasi penyelenggaraan pilkada Bupati dan wakil Bupati serta menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) diwilayah setempat," kata dia.

Gubernur mengatakan, berdasarkan peraturan pemerintah nomor 49/2008 dalam pasal 132 a, ada rambu-rambu atau larangan yang dilakukan penjabat Bupati.

"Larangan tersebut melakukan mutasi dan membatalkan perizinan yang telah dikeluarkan pejabat sebelumnya serta mengeluarkan perizinan yang bertentangan dengan yang dikeluarkan pejabat sebelumnya," ucap dia.

Selain itu, penjabat Bupati juga dilarang mengeluarkan kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan serta program yang telah dikeluarkan penyelenggara sebelumnya.

"Meskipun demikian, ketentuan tersebut dapat dikecualikan setelah mendapat persetujuan secara tertulis dari Menteri Dalam Negeri RI," tambah Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

Acara pelantikan kepala dinas penanaman modal Kalteng, H Mugeni, SH, MH menjadi penjabat Bupati Barsel tersebut dihadiri kepala SKPD, anggota DPRD dan Forkopimda dan tokoh masyarakat kabupaten setempat.