Rakornas Litbang Harus Berdampak Peningkatan Pembangunan Daerah

id DPRD Palangka Raya, Jumat`ni, Rakornas Litbang

Rakornas Litbang Harus Berdampak Peningkatan Pembangunan Daerah

Anggota DPRD Palangka Raya, Jum`atni (Foto Antara Kalteng Kalteng/Ronny NT)

Palangka Raya (Antara Kalteng) - Anggota Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Palangka Raya Jumat`ni mengatakan, pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Badan Penelitian 2017 di Palangka Raya Maret mendatang harus berdampak pada peningkatan pembangunan daerah.

"Untuk itu, pemerintah kota harus memanfaatkan momentum tersebut secara maksimal sehingga pelaksanaan Rakornas Litbang nantinya tak hanya seremoni tetapi mampu meningkatkan pembangunan," katanya di Palangka Raya, Jumat.

Menurut dia, pelaksanaan Rakornas Litbang di "Kota Cantik" ini merupakan kebanggaan daerah terlebih sebelumnya beberapa daerah lain seperti Bali, Balikpapan, Bengkulu, Lampung dan Jawa Tengah juga mencalonkan diri sebagai tuan rumah.

"Kegiatan ini harus mampu dimaksimalkan sehingga selain berpengaruh pada peningkatan pembangunan kota juga berdampak pada semakin dikenalnya potensi yang ada di Palangka Raya di kancah nasional," katanya.

Dia berharap pemerintah kota semakin menggencarkan promosi kegiatan yang dilaksanakan Maret mendatang. Selain itu juga mulai mempersiapkan diri untuk mengenalkan budaya daerah kepada para tamu yang datang.

"Gencarkan koordinasi antar instansi termasuk dengan pihak swasta untuk mendukung pelaksanaan Rakornas. Promosi juga harus digendarkan baik melalui media massa maupun media sosial seperti facebook, twetter, instagram," katanya.

Jumat`ni mengatakan, pihaknya juga telah bertemu dengan Badan Penelitian, Pengembangan, Inovasi dan Teknologi (BPPIT) Kota Palangka Raya.

"Dalam kesempatan itu, mereka juga mengaku belum memiliki tenaga peneliti yang tersertivikasi. Itu juga yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah kota," katanya.

Inforasi sementara dari pihak BPPIT tiga menteri yakni Menteri Dalam Negeri, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi direncakan menghadiri Rakornas Litbang 2017 tersebut.