Menurut Penelitian Ikan Punya Kepribadian Rumit, Benarkah?

id ikan, kepribadian, rumit

Menurut Penelitian Ikan Punya Kepribadian Rumit, Benarkah?

Ikan gupi Trinidad. (Foto dengan atribusi Creative Commons dari Emilio17 di Wikimedia Commons)

London (Antara Kalteng) - Ikan memiliki kepribadian individual yang rumit menurut hasil riset peneliti Exeter Univesity di Inggris yang dipublikasikan Senin (25/9).

Para ilmuwan dari Exeter University di Inggris barat daya mempelajari bagaimana ikan gupi dari Trinidad berperilaku dalam berbagai situasi penuh tekanan dan mendapati perbedaan luas mengenai bagaimana mereka mereponsnya.

Para periset meneliti strategi penanggulangan mereka dalam situasi yang dirancang untuk memicu berbagai tingkat stres.

Mereka menemukan bahwa mode perilaku mereka tidak bisa dengan mudah dijelaskan sebagai pengambilan-risiko atau penghindaran-risiko.

"Ketika ditempatkan dalam lingkungan yang tidak biasa, kami mendapati ikan gupi memiliki berbagai strategi untuk menghadapi situasi yang penuh tekanan ini - banyak yang berusaha bersembunyi, lainnya mencoba melarikan diri, dan beberapa di antaranya bereksplorasi dengan hati-hati," kata Tom Houslay dari Pusat Ekologi dan Konservasi Exeter University.

"Perbedaan di antara mereka tetap konsisten sepanjang waktu dan dalam situasi yang berbeda," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

"Jadi, meski perilaku semua ikan gupi berubah tergantung pada situasi - contohnya, semua menjadi lebih berhati-hati dalam situasi yang lebih menekan - perbedaan relatif antara individu tetap ada.”

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan di jurnal Functional Ecology itu, ikan-ikan gupi kecil secara individual dipindah ke tangki yang tidak biasa untuk menciptakan tingkat tekanan ringan, sementara tingkat tekanan yang lebih tinggi disebabkan oleh penambahan model burung atau ikan pemangsa.

Menurut penelitian pengenalan predator membuat ikan gupi secara keseluruhan menjadi lebih berhati-hati namun masing-masing ikan tersebut secara individual masih mempertahankan kepribadian mereka yang berbeda.