Kotim Terapkan Cara Unik Latih Pecatur Junior

id Pengcab Percasi Kotawaringin Timur, Junaidi, Latih Pecatur Junior

Kotim Terapkan Cara Unik Latih Pecatur Junior

Sejumlah pecatur junior Kotawaringin Timur berlatih di sisi kolam renang dengan suasana yang santai. (Istimewa)

Sampit (Antara Kalteng) - Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menerapkan cara unik dalam melatih pecatur junior, yakni sambil berekreasi.

"Diharapkan suasana santai dan menyenangkan, latihan akan lebih efektif dan mudah diingat oleh para atlet. Anak-anak sepertinya juga antusias dengan metode ini," kata pelatih Pengcab Percasi Kotawaringin Timur, Junaidi di Sampit, Senin.

Tiap hari Minggu, atlet-atlet catur junior diajak berekreasi seperti ke Taman Kota, kolam renang dan lokasi lainnya di dalam kota Sampit. Namun di sela itu, mereka juga diajak latihan catur dan ajari trik-trik baru olahraga asah otak itu.

Pecatur junior sangat senang karena suasana latihan menjadi menyenangkan meski mereka harus tetap fokus saat latihan. Metode latihan ini diharapkan berdampak positif terhadap kemampuan atlet dan capaian prestasi catur di daerah ini.

Junaidi menilai, perkembangan prestasi pecatur junior di Kotawaringin Timur, cukup bagus. Bahkan sudah mampu meraih medali emas dalam event catur tingkat Provinsi Kalimantan Tengah.

Beberapa pecatur junior Kotawaringin Timur juga sudah beberapa kali dipercaya mewakili Kalimantan Tengah berlaga di tingkat nasional. Namun diakui, perlu kerja lebih keras lagi agar bisa meraih prestasi di tingkat nasional.

"Semoga prestasi pecatur junior semakin meningkat. Kemampuan mereka terus kami asah agar makin mantap sehingga mampu meraih prestasi," kata Junaidi.

Harapan yang sama diungkapkan salah satu pelatih catur Kotawaringin Timur, Hery Akriawan. Menurutnya, perkembangan pecatur junior Kotawaringin Timur sudah sangat bagus.

"Perkembangan kemampuan pecatur junior Kotawaringin Timur semakin baik. Mudah-mudahan tahun 2018 nanti prestasi pecatur Kotawaringin Timur akan lebih bagus lagi," katanya.

Sepanjang 2017 ini sejumlah kejuaraan catur digelar seperti Kejurprov Catur Kalteng 2017 di Sampit, Kejuaraan Catur Antarpelajar DAD Cup 2017 di Palangka Raya serta Danrem Cup 2017 di Palangka Raya. Di event-event bergengsi tersebut, pecatur junior Kotawaringin Timur selalu mampu menyumbangkan medali emas.