Harga karet di Barito Utara turun

id harga karet, karet

Harga karet di Barito Utara turun

Warga mengikat karet di Sungai Barito di Desa Lemo Kecamatan Teweh Tengah (Foto Antara Kalteng/Kasriadi)

Muara Teweh (Antaranews Kalteng) - Harga karet di pedalaman Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, akhir Februari 2018 turun dari Rp7.500 per kilogram menjadi Rp6.500/kg.

"Turunnya harga karet ini sudah sepekan terakhir membuat petani di daerah ini kembali terpukul karena harga sebelumnya sempat membaik," kata Igang, petani karet di Kelurahan Jambu Kecamatan Teweh Baru, Kabupaten Barito Utara, Sabtu.

Daerah pedalaman Kabupaten Barito Utara merupakan sentra kebun karet di Provinsi Kalimantan Tengah.

Turunnya harga karet ini memang tidak merata, bahkan ada yang masih seharga Rp7.000,00/kg di sentra kebun karet. Hasil produksi kebun karet rakyat umumnya ditampung oleh para pedagang perantara atau tengkulak yang mendatangi kebun petani.

"Bervariasinya harga ini juga bisa karena ulah tengkulak yang memang menguasai petani," katanya.

Para tengkulak mengaku patokan harga beli disesuaikan dengan harga jualnya di kalangan pedagang atau pabrik di Banjarmasin.

Masalahnya, para petani daerah ini masih tergantung pada para tengkulak karena sampai sekarang belum ada pabrik karet, padahal hasil produksi karet petani cukup banyak, katanya.

Luas kebun karet rakyat di kabupaten juga dikenal kaya potensi sumber daya alam batu bara itu, tercatat 35.646 hektare dengan produksi karet kering mencapai 18.696 ton per tahun.

Kebun karet rakyat itu tersebar pada sembilan kecamatan di kabupaten tersebut.