Ayo, masyarakat Seruyan manfaatkan labkesda

id labkesda seruyan,dinkes seruyan,mahdiniansyah

Ayo, masyarakat Seruyan manfaatkan labkesda

Ilustrasi - Laboratorium kesehatan. (Reuters)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, mengajak masyarakat memanfaatkan fasilitas Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) untuk melakukan pemeriksanaan kesehatan.

"Kita sudah melakukan sosialisasi ke masyarakat, termasuk ke satuan organisasi perangkat daerah (SOPD) agar memanfaatkan Labkesda sebagai upaya peningkatan kesehatan masyarakat," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan, Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Selasa.

Ia menjelaskan, Labkesda Pemkab Seruyan yang berada di Kantor Dinkes Seruyan Jalan A Yani dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menunjang diagnosa penyakit, check up atau pemeliharaan kesehatan dan menilai kesembuhan penyakit.

Ada 42 jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan di Labkesda, seperti pemeriksaan hematologi, nilai eritrosit, hemostasis, kimia darah, feces, urine, serta lain-lain pemeriksaan berupa analisa sperma hingga morphine test.

"Meski masih terbatas, namun sejauh ini Labkesda sudah dapat beroperasi dengan baik, karena itu kita mengajak masyarakat, khususnya yang berada di Kuala Pembuang untuk memanfaatkan keberadaan Labkesda ini sebaik mungkin," katanya.

Ia menambahkan, untuk tarif pelayanan yang diberikan Labkesda kepada masyarakat mengacu pada Peraturan Daerah (Perda) Seruyan Nomor 2/2011 tentang Retribusi Jasa Umum, yakni berkisar antara Rp3.500 sampai dengan Rp50 ribu

"Tarif paling tinggi Rp50 ribu itu adalah untuk pemeriksaan hematologi lengkap yang terdiri dari pemeriksaan Hb, Leukosit, Ht dan Dt," katanya.

Menurutnya, selain untuk pembangunan sumber daya manusia, khususnya dibidang kesehatan. Pelayanan Labkesda juga harus terus dimaksimalkan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD).

"Kita akan terus berupaya untuk meningkatkan pelayanan Labkesda, karena ke depan Labkesda ini bukan hanya dapat meningkatkan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Tapi juga dimaksimalkan sebagai salah satu sumber PAD," katanya.