Eks bangunan Puskesmas Tamiang Layang segera dijadikan Labkesda

id pemkab bartim, eks bangunan puskesmas tamiang layang, labkesda bartim, laboratorium kesehatan daerah, barito timur

Eks bangunan Puskesmas Tamiang Layang segera dijadikan Labkesda

Penjabat Bupati Bartim Indra Gunawan. (ANTARA/HO-Diskominfo PS Bartim)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah memanfaatkan eks bangunan Puskesmas Tamiang Layang yang terletak di Jalan Manunggal sebagai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).
 
“Dengan adanya Labkesda nanti maka akan menjadi upaya peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat bagi masyarakat,” kata Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan di Tamiang Layang, Rabu.
 
Menurutnya, Labkesda tak hanya menjadi fasilitas milik daerah yang memiliki layanan uji laboratorium yang akurat, tetapi juga mendukung berbagai program kesehatan daerah berkelanjutan, serta memiliki peran strategis deteksi dini dan pencegahan penyakit melalui berbagai layanan diagnostik.
 
“Dengan adanya labkesda, maka Pemerintah Kabupaten Barito Timur bisa memberi pelayanan kesehatan lebih cepat dan akurat, yang sangat membantu dalam penanganan kasus kesehatan baik penyakit tidak menular maupun yang menular,” ujar Indra Gunawan.

Baca juga: Sekda Bartim: Tugas ASN sebagai pelayan kepada masyarakat harus terus diingat
 
Selain itu, tambah Indra, Labkesda juga mendukung program kesehatan lingkungan dan pengawasan kualitas air, serta analisis keamanan pangan, yang berperan penting dalam pencegahan penyakit terkait lingkungan dan konsumsi makanan.
 
“Labkesda juga berperan dalam mendukung program kesehatan ibu dan anak dengan layanan pemeriksaan gizi dan lainnya,” kata Indra.
 
Sebagai bagian dari upaya pengembangan layanan, kata Indra, Labkesda juga akan melakukan kerja sama dengan rumah sakit, klinik, dan pusat kesehatan masyarakat lainnya untuk memastikan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan komprehensif.
 
“Kita upayakan (labkesda) bisa menjadi ujung tombak dalam deteksi dan pencegahan berbagai masalah kesehatan di Kabupaten Barito Timur,” demikian Indra Gunawan.

Baca juga: RSUD Tamiang Layang tetap layani kedaruratan di Hari Raya Idul Adha

Baca juga: Dishanpang Kalteng sediakan pangan strategis bersubsidi dalam Gerakan Pangan Murah di Bartim

Baca juga: Pilkada Barito Timur 2024 tanpa calon perseorangan