Dishanpang Kalteng sediakan pangan strategis bersubsidi dalam Gerakan Pangan Murah di Bartim

id pemprov kalteng, dishanpang kalteng, gpm, gerakan pangan murah, tamiang layang, bartim, aster bonawaty mangkusari

Dishanpang Kalteng sediakan pangan strategis bersubsidi dalam Gerakan Pangan Murah di Bartim

Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah Pemprov Kalteng di Tamiang Layang, Barito Timur (12/6/2024). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) terus menggiatkan Gerakan Pangan Murah (GPM) di berbagai daerah di seluruh kabupaten dan kota.
 
Salah satu titik pelaksanaannya adalah di Kabupaten Barito Timur (Bartim) yang menyediakan ragam pangan strategis bersubsidi untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.
 
"Maksud dan tujuan dari pelaksanaan Gerakan Pangan Murah adalah menjaga stabilitas harga dan stok bahan kebutuhan pokok di tingkat distributor, pedagang dan di tingkat konsumen, dan juga sebagai upaya Pemprov Kalteng dalam pengendalian inflasi," terang Kepala Dishanpang Kalteng Aster Bonawaty Mangkusari dihubungi dari Palangka Raya, Minggu.
 
Adapun Gerakan Pangan Murah di Bartim, salah satunya digelar beberapa hari lalu berlokasi di halaman kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Barito Timur, Tamiang Layang.
 
Dalam kegiatan tersebut dijual berbagai ragam pangan strategis bersubsidi seperti beras, minyak goreng, gula pasir konsumsi, bawang merah, bawang putih, dan telur ayam ras.
 
"Adapun besaran subsidi bervariasi untuk setiap komoditas yakni berkisar antara Rp6.000-Rp10.000," jelasnya.
 
Subsidi dimaksud merupakan salah satu bentuk perhatian dan kepedulian dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah dalam hal ini Gubernur Sugianto Sabran, terhadap masyarakat Kalimantan Tengah.

Baca juga: Pemprov Kalteng berencana bangun pusat olahraga di Kotim
 
Dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini diharap dapat membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, khususnya bagi masyarakat yg kurang mampu, utamanya pada saat menjelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) seperti Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah.
 
"Sebagaimana kita ketahui setiap menjelang Hari Besar Keagamaan selalu diiringi dengan kanaikan harga beberapa barang kebutuhan pokok, oleh karena itu Pemprov Kalteng hadir dengan berbagai kegiatan di antaranya adalah Gerakan Pangan Murah," tuturnya.
 
Giat Gerakan Pangan Murah dibuka langsung oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kalteng Aster Bonawaty Mangkusari, turut dihadiri Pj Bupati Barito Timur Indra Gunawan serta beberapa pejabat perangkat daerah kabupaten setempat.
 
Masyarakat yang tampak antusias pun menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Gubernur Sugianto Sabran yang dirasa sangat besar kepedulian dan perhatiannya kepada masyarakat.

Baca juga: Mentan serahkan bantuan pertanian senilai Rp8 miliar untuk Kalteng

Baca juga: Gubernur Kalteng bagikan 15.000 paket sembako gratis untuk masyarakat Kotim

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Pemprov Kalteng sediakan 1000 paket bahan pangan di Ampah