Pilkada Barito Timur 2024 tanpa calon perseorangan

id kpu barito timur, satya hedipuspita, pilkada 2024, pilkada bartim, calon perseorangan, tamiang layang, barito timur

Pilkada Barito Timur 2024 tanpa calon perseorangan

Ketua KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) -
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Timur, Kalimantan Tengah, Satya Hedipuspita, menegaskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 untuk kabupaten setempat tidak diikuti calon perseorangan.

Ketua KPU Barito Timur, Satya Hedipuspita di Tamiang Layang, Kamis, mengatakan, penerimaan dukungan calon perseorangan telah diumumkan KPU secara serentak pada 5 Mei 2024, termasuk KPU Barito Timur.

"Proses penerimaan ini berlangsung dari 8 hingga 12 Mei 2024. Namun, hingga batas waktu penutupan, tidak ada calon perseorangan yang menyerahkan dukungannya," katanya.
 
Satya menjelaskan proses penerimaan calon perseorangan merupakan bagian terpenting dari tahapan pilkada untuk menjamin keterbukaan dan kesempatan bagi individu yang ingin maju tanpa dukungan partai politik.

Walaupun begitu, kali ini di Kabupaten Barito Timur tidak ada satu pun calon perseorangan menyerahkan pemenuhan persyaratan dukungan yang diperlukan.
 
“Ketiadaan calon perseorangan ini menunjukkan bahwa semua calon yang akan bertarung pada Pilkada Barito Timur 2024 semuanya berasal dari partai politik,” tambah Satya.

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Pemprov Kalteng sediakan 1000 paket bahan pangan di Ampah
 
Menurutnya, situasi demikian akan memfokuskan kompetisi pada calon-calon yang memiliki dukungan dari partai politik, yang diharapkan dapat membawa berbagai visi dan misi untuk kemajuan Barito Timur.
 
Lebih lanjut, Satya berharap masyarakat Barito Timur tetap berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi. Dia pun menekankan pentingnya pemilih untuk menggunakan hak pilihnya secara bijaksana dan ikut serta dalam menentukan arah pembangunan daerah melalui Pilkada Barito Timur yang akan datang digelar pada Rabu 27 November 2024.
 
“Pilkada adalah momentum yang sangat penting bagi masyarakat untuk memilih pemimpin yang terbaik bagi daerahnya. Partisipasi pemilih akan sangat menentukan kualitas demokrasi dan pembangunan Barito Timur ke depan,” tutupnya.

Baca juga: Warga Bartim diminta tingkatkan kesehatan mengantisipasi pancaroba

Baca juga: Jamin kesehatan keluarga, pekerja di Bartim ini percayakan program JKN

Baca juga: Gerakan Pangan Murah Pemprov jangkau Bartim, bantu penuhi kebutuhan masyarakat