Gerakan Pangan Murah Pemprov jangkau Bartim, bantu penuhi kebutuhan masyarakat

id pemprov kalteng, dishanpang kalteng, gubernur sugianto sabran, aster bonawaty mangkusari, kalimantan tengah, gerakan pangan murah

Gerakan Pangan Murah Pemprov jangkau Bartim, bantu penuhi kebutuhan masyarakat

Dishanpang Kalteng melaksanakan Gerakan Pangan Murah di Barito Timur minggu kemarin. (ANTARA/HO-Dishanpang Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali melaksanakan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang kali ini menjangkau sejumlah lokasi di Kabupaten Barito Timur (Bartim).

"Gerakan Pangan Murah di Barito Timur ini kami laksanakan di tiga desa berbeda, meliputi Desa Banyu Landas dan Kandris Kecamatan Banua Lima, serta Desa Turan Amis, Kecamatan Raren Batuah," terang Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Dishanpang) Kalteng Aster Bonawaty Mangkusari di Palangka Raya, Selasa.

Baca juga: Perluas pasar hasil Shrimp Estate Berkah, pemprov kunjungi sejumlah mitra usaha

Aster mengatakan, Gerakan Pangan Murah bertujuan untuk menjaga stabilitas harga dan ketersediaan pangan strategis di tingkat distributor maupun konsumen.

"Sekaligus menjadi upaya dari Pemprov Kalteng dalam memaksimalkan pengendalian inflasi," tambahnya.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng tegaskan segera bahas dua raperda usulan pemprov

Dalam setiap Gerakan Pangan Murah tersebut, pihaknya menjual ragam pangan strategis yang telah mendapatkan subsidi, seperti beras, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, bawang putih, dan telur ayam ras.

"Adapun besaran subsidi yang diberikan kepada masing-masing komoditi pangan strategis bervariasi, berkisar antara Rp6.000-Rp10.000," jelas Aster.

Baca juga: Kemenparekraf nobatkan Kalteng terbaik Apresiasi Pemasaran Pariwisata Indonesia

Pemberian subsidi ini merupakan salah satu bentuk perhatian sekaligus arahan Gubernur Sugianto Sabran untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, khususnya bagi masyarakat kurang mampu.

"Gubernur ingin agar akses masyarakat terhadap pangan dengan harga terjangkau tetap tersedia di berbagai daerah," ucapnya.

Sementara itu dalam pelaksanaan Gerakan Pangan Murah pada tiga desa di Barito Timur tersebut, tampak disambut masyarakat dengan penuh antusias.

Baca juga: Pemprov Kalteng alokasikan Rp5,3 miliar BOP TPP P3MD

Baca juga: Wagub Kalteng: Pancasila mampu mempersatukan rakyat

Baca juga: Disdagperin Kalteng sidak dan ukur berat tabung gas elpiji tiga kilogram