Wagub Kalteng: Pancasila mampu mempersatukan rakyat

id pemprov kalteng, wagub kalteng, edy pratowo, harlah pancasila, hari lahir pancasila, persatuan dan kesatuan, kalimantan tengah

Wagub Kalteng: Pancasila mampu mempersatukan rakyat

Wagub Kalteng Edy Pratowo (tengah) mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 melalui konferensi video dari Palangka Raya yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo, Sabtu (1/6/2024). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo menegaskan Pancasila menjadi daya ikat yang memiliki korelasi untuk mempersatukan seluruh rakyat Indonesia. 
 
"Maka momentum Hari Lahir Pancasila ini sangat baik bagi kita sebagai anak bangsa, untuk terus mempererat persatuan dan kesatuan dalam membangun Kalimantan Tengah untuk lebih maju lagi," katanya di Palangka Raya, Sabtu.
 
Hal itu dia sampaikan usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 melalui konferensi video yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Pemprov Kalteng bantu biaya sarana produksi 26.181 pelaku usaha perikanan
 
Edy Pratowo mengatakan semangat persatuan dan kesatuan sangatlah diperlukan dalam menyukseskan pelaksanaan pembangunan di berbagai bidang.
 
Termasuk salah satunya dalam rangka menghadapi agenda besar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak yang dilaksanakan November 2024.
 
"Meski dalam pelaksanaannya nanti ada perbedaan-perbedaan, namun kita berharap dengan semangat Pancasila sebagai falsafah bangsa mampu mempersatukan masyarakat khususnya di Kalimantan Tengah," ujarnya.

Baca juga: Disdagperin Kalteng sidak dan ukur berat tabung gas elpiji tiga kilogram
 
Sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, mengajak masyarakat untuk bersyukur karena Indonesia tetap kokoh, terus stabil, bersatu padu dan ekonominya terus tubuh, di tengah gempuran dunia yang penuh dengan ketidakpastian.
 
Menurutnya di tengah dunia yang dilanda berbagai krisis, dalam politik yang penuh tekanan dan rivalitas, bangsa Indonesia harus tetap optimis.
 
"Nilai-nilai Pancasila harus diaktualisasikan, diwariskan dalam perilaku nyata dan kebijakan-kebijakan nyata, yang jelas hasil dan manfaatnya dapat dirasakan oleh rakyat di tengah perkembangan zaman ini, sehingga kehadiran Pancasila diharap sebagai pembebas ketergantungan bangsa Indonesia dari pihak asing," tegasnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng alokasikan Kartu Tani Berkah untuk puluhan ribu petani

Baca juga: Pemprov targetkan produksi udang vaname Kalteng jadi komoditi ekspor andalan nasional

Baca juga: Gubernur apresiasi kinerja Bank Kalteng, mampu tunjukkan perkembangan signifikan