Satu kapal angkutan mudik disediakan di Pelabuhan Segintung Seruyan

id KM Bukit patung, pelabuhan segintung

Satu kapal angkutan mudik disediakan di Pelabuhan Segintung Seruyan

Kapal Motor Bukit Patung saat bersandar di Pelabuhan Samudera Teluk Segintung di Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah awal bulan lalu (Istimewa)

Kuala Pembuang (Antaranews Kalteng) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah menyediakan satu unit kapal angkutan mudik lebaran Idul Fitri 1439 Hijriyah yang bersandar di Pelabuhan Segintung.

"Rencananya kita menyediakan Kapal Motor (KM) Bukit Patung untuk melayani masyarakat Seruyan yang akan melakukan mudik Lebaran ke Pulau Jawa," kata Pelaksana Harian Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kuala Pembuang, Abdullah di Kuala Pembuang, Minggu.

Ia menjelaskan, kapal perintis KM Bukit Patung dari Kementerian Perhubungan yang dijadwalkan berada atau sandar di Pelabuhan Samudera Teluk Segintung pada 29 Mei 2018 akan melayani keberangkatan menuju Karimunjawa, Jepara dan Semarang, Jawa Tengah.

"Kapasitas KM Bukit Patung sekitar 196 orang dengan tarif menuju Semarang Rp180 ribu dan tiket keberangkatan bisa langsung dibeli dengan pihak kapal setibanya di Kuala Pembuang," katanya.

Ia mengatakan, keberadaan KM Bukit Patung telah menjadi satu-satunya kapal penumpang dinilai sangat membantu warga pendatang di Kuala Pembuang yang berasal dari Pulau Jawa yang ingin pulang ke kampung halaman mereka seperti lebaran tahun ini.

Selain untuk mengangkut penumpang, KM Bukit Patung juga selama ini digunakan untuk mengangkut barang-barang kebutuhan pokok dari Jawa menuju Kuala Pembuang.

"Meski demikian, kebutuhan transportasi melalui kapal laut belum dapat terakomodasi sepenuhnya, karena banyaknya warga yang berasal dari Pulau Jawa bukan hanya dari Jawa Tengah tapi juga dari Jawa Timur," katanya.

Karena itu sebelumnya, kapal perintis KM Bukit Patung yang merupakan subsidi dari Dirjen Perhubungan Laut pernah diusulkan oleh Dinas Perhubungan Seruyan untuk dibuat penambahan jalur pelayarannya ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Sesuai dengan banyaknya keinginan masyarakat maka diusulkanlah penambahan rute pelayaran KM Bukit Patung menuju Surabaya tersebut, namun hingga saat ini masih belum bisa terealisasi," katanya.