Penumpang kapal di Pelabuhan Buntok meningkat

id Mudik,buntok,pelabuhan,kapal

Penumpang kapal di Pelabuhan Buntok meningkat

Para penumpang arus balik di Pelabuhan Pasar Lama Buntok sedang menaiki speedboat, dan bus air. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok (Antaranews Kalteng) - Arus balik penumpang sejumlah pelabuhan di Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, mengalami peningkatan sejak Sabtu (16/6) atau H+1 Lebaran 2018.

Pantauan Antara di Buntok, Selasa, jumlah penumpang arus balik di Pelabuhan Pasar Lama dan Pelabuhan Pasar Beringin mengalami peningkatan sejak sehari setelah Lebaran.

"Lonjakan penumpang arus balik ini terjadi sehari setelah Idul Fitri 1439 Hijriah," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Dermaga Buntok Dinas Perhubungan Barito Selatan, Bersinar.

Ia mengatakan, peningkatan jumlah penumpang arus balik di wilayah Barito Selatan ini hingga 100 persen dari hari biasanya.

Biasanya, kata dia, jumlah penumpang satu unit kapal cepat (speedboat) sekitar 15 sampai 17 orang, dan sekarang mencapai 25 hingga 35 penumpang setiap sekali kedatangan maupun keberangkatan dari sejumlah desa.

"Untuk armada `speedboat` yang biasanya sebanyak lima unit dalam setiap hari, sekarang bertambah menjadi delapan unit di Pelabuhan Pasar Lama," ujar Bersinar.

Demikian halnya dengan di Pelabuhan Pasar Beringin, jumlah armada "speedboat"-nya juga ditambah oleh pemilik trayek ke sejumlah jurusan dari pedesaan di wilayah setempat.

"Peningkatan jumlah penumpang sekitar 50 persen dari hari biasanya," tambah kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Dermaga Buntok pada Dinas Perhubungan Barito Selatan itu.

Kemungkinan, lanjut dia, arus balik ini mengalami peningkatan lagi pada Rabu (20/6) dan juga pada Sabtu (23/6) serta Minggu (24/6) mendatang.

Selain "speedboat" tambah dia, jumlah penumpang pada bus air jurusan Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) juga mengalami peningkatan dari biasanya.

Adapun jurusan "speedboat", kapal motor tersebut menuju ke Batampang, dan Mangkatip, Kecamatan Dusun Hilir dan Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas.

Kemudian ke Desa Talio, Desa Babai, Kelurahan Bangkuang, Kecamatan Karau Kuala, dan jurusan ke Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara.