Dinkes Bartim ajak warga ikut program Germas

id pancaroba,Dinkes Bartim ajak warga ikut program Germas,Dinkes Bartim,Bartim,Tamiang Layang

Dinkes Bartim ajak warga ikut program Germas

Udara dingin disertai embun dipagi hari merupakan salah satu tanda terjadinya pancaroba (perubahan musim) di Kota Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur, Kabupaten Barito Timur. (Foto Antara kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (Antaranews Kalteng) - Dinas Kesehatan Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah, mengajak seluruh elemen masyarakat ikut dalam program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk menghadapi berbagai kesehatan akibat pancaroba saat ini. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bartin, dr Simon Biring MPH di Tamiang Layang, Senin,  mengatakan, jaminan kesehatan tidak menjamin terjaganya kesehatan secara aktif dan kontinyu. 

"Yang paling penting itu adalah  mencegah sebelum sakit. Kita melaksanakan program preventif agar masyarakat mengubah pola hidup dengan gaya hidup sehat," kata Simon Biring. 

Menurut Simon, kondisi cuaca yang tidak menentu, memicu peningkatkan potensi pada tubuh terserang aneka penyakit seperti flu, demam, batuk dan pada usus, malaria bahkan DBD.

Ketika kondisi kekebalan tubuh manusia menurun, maka kemungkinan terserang penyakit akan menjadi lebih tinggi.

"Maka dari itu, agar kekebalan atau imun lebih siap menghadapi kondisi cuaca, perlu makan makanan bernutrisi tepat dan cukup serat," katanya. 

Selain itu, juga didukung olah raga untuk  meningkatkan kebugaran fisik. Olah raga teratur selama 30 menit setiap hari sangat bermanfaat.

Selain pola konsumsi makanan dan olahraga, poin penting dalam gerakan masyarakat hidup sehat lainnya adalah pemeriksaan rutin kesehatan di klinik atau puskesmas.

"Mari bergabung menjadi anggota BPJS agar bisa periksa kesehatan secara  rutin, baik tekanan darah, gula darah, kolesterol dan asam urat," demikian Simon.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar