Penjabat Wali Kota ajak masyarakat terapkan PHBS cegah penyakit pancaroba

id PenjabatWali Kota ajak masyarakat terapkan PHBS cegah penyakit pancaroba, kalteng, Palangka raya

Penjabat Wali Kota ajak masyarakat terapkan PHBS cegah penyakit pancaroba

Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu di Palangka Raya, belum lama ini. ANTARA/HO-Protokol Komunikasi Palangka Raya

Palangka Raya (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Hera Nugrahayu, mengajak masyarakat setempat senantiasa menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) guna mencegah penyebaran penyakit saat pancaroba.

"Upaya PHBS dapat dijaga dan dipelihara dengan melakukan hal positif seperti mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi, melakukan aktivitas olahraga, istirahat yang cukup, dan berbagai upaya positif lainnya," kata Hera di Palangka Raya belum lama ini.

Diantara penyakit yang diwaspadai dan diantisipasi melalui PHBS saat pancaroba atau masuk perubahan musim adalah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan diare.

Menurutnya, dengan menerapkan PHBS dalam kehidupan sehari-hari maka hidup akan lebih sehat dan lebih produktif sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian yang akan menjadikan Kota Palangka Raya menjadi lebih maju lagi.

Selain itu, perilaku hidup bersih dan sehat penting untuk dibudidayakan sebagai langkah preventif terhadap berbagai penyakit, terutama di musim pancaroba seperti saat ini.

Baca juga: PenjabatWali Kota sebut Apdesi berperan memajukan pembangunan yang merata

“Terlebih kita sudah sebentar lagi memasuki musim penghujan, maka kita harus meningkatkan lagi perilaku hidup sehat serta menjaga kebersihan lingkungan kita,” kata Hera.

Apalagi, sebagian masyarakat di wilayah "Kota Cantik" itu menggunakan air sungai untuk kebutuhan sehari-hari sehingga sangat rentan terserang penyakit tersebut.

Ditambah lagi budaya membuang sampah di sungai yang masih dilakukan oknum warga membuat kualitas air sungai menjadi semakin buruk dan memprihatinkan.

"Oleh sebab itu, menerapkan PHBS secara utuh dalam kehidupan sehari-hari masih menjadi salah satu cara yang cukup ampuh untuk menangkal penyebaran berbagai penyakit," katanya.

Pernyataan itu diungkapkan dia terkait peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke-59 dengan menggelar upacara gabungan di Halaman Kantor Wali Kota Palangka Raya.

Baca juga: BawasluKota Palangka Raya awasi aktivitas ASN di media sosial

Baca juga: Kapolda Kalteng minta media massa edukasi masyarakat jelang Pemilu 2024

Baca juga: Dara Latifah raih medali perak Kejuaraan Dunia MTB di Palangka Raya