Disbudpar Kalteng gelar Boat Festival Danau Sabangau 2018

id Boat Festival Danau Sabangau ,Disbudpar Kalteng,Disbudpar Kalteng gelar Boat Festival Danau Sabangau 2018,Kepala Disbudpar Kalteng Guntur Talajan

Disbudpar Kalteng gelar Boat Festival Danau Sabangau 2018

Peserta kapal hias pada Boat Festival Danau Sabangau 2018 yang dilaksanakan di kawasan wisata Pelabuhan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya, Sabtu (21/7/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar acara "Boat Festival Danau Sabangau 2018" di kawasan wisata Pelabuhan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya.

"Acara ini merupakan pertama kali yang kita laksanakan di kawasan Kereng Bangkirai. Kami berencana menjadikan kegiatan 'Boat Festival Danau Sabangau' ini sebagai agenda wisata tahunan," kata Kepala Disbudpar Kalteng, Guntur Talajan, Sabtu.

Dia mengatakan, tujuan acara tersebut guna menyamakan persepsi dan peningkatan promosi budaya dan wisata dalam rangka mewujudkan pembangunan kebudayaan dan kepariwisataan yang berkelanjutan.

Selain itu juga untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisata serta sebagai bentuk pemberdayaan ekonomi kreatif bagi masyarakat di sekitar kawasan wisata.

Pada acara yang dilaksanakan selama tiga hari mulai 21-23 Juli ini berbagai lomba dilaksanakan. Perlombaan tersebut meliputi lomba perahu hias, balap kelotok (sejenis perahu kecil) dan lomba besei kambe.
 
Sejumlah peserta balap kelotok (sejenis perahu kecil) pada Boat Festival Danau Sabangau 2018 yang dilaksanakan di kawasan wisata Pelabuhan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya, Sabtu (21/7/18). (Foto Antara Kalteng/Rendhik Andika)


Besei kambe merupakan perlombaan yang mirip seperti tarik tambang. Bedanya, besei kambe ini dilakukan menggunakan perahu dan dayung.

Di dalam satu perahu masing-masing peserta duduk di ujung perahu dengan posisi saling membelakangi. Kemudian para peserta berusaha mendayung ke arah depan masing-masing. Peserta yang berhasil membawa perahu maju sesuai arahnya, dialah pemenangnya.

"Untuk itu, kegiatan yang diikuti sekitar 143 orang ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya agar semakin dikenal generasi muda," kata Guntur disela acara "Boat Festival Danau Kereng Bangkirai 2018.

Sementara itu Plt Sekda Kalimantan Tengah, Fahrizal Fitri yang membuka secara resmi acara tersebut berharap agenda yang nantinya akan dijadikan "event" tahunan ini menjadi media promosi wisata di Kalteng.

Fahrizal pun berharap pada kegiatan serupa di tahun depan, panitia semakin menambah variasi lomba dan kemeriahan acara ditambah dengan mempertimbangkan kondisi alam. Saat ini suasana di kawasan Wisata Kereng Bangkirai yang dikenal dengan air hitamnya tengah surut.

Meski pertama kali dilaksanakan, "Boat Festival Danau Sabangau 2018" berlangsung cukup meriah. Para wisatawan pun nampak antusias menyaksikan berbagai lomba yang ada.

"Kita juga berharap kegiatan ini mampu menambah kunjungan wisatawan di Kalimantan Tengah sehingga berdampak pula pada peningkatan ekonomi masyarakat. Ke depan kita minta kegiatan ini agar lebih dipromosikan sehingga semakin banyak pengunjung yang datang," katanya.