Begini fakta unik tentang tubuh manusia

id tubuh manusia,fakta,unik,organ tubuh,panca indra

Begini fakta unik tentang tubuh manusia

Ilustrasi (pixabay.com)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Ada begitu banyak fakta yang tersembunyi di dalam tubuh manusia. Apa saja fakta unik itu? Simak ulasannya berikut.

1. Otak memiliki jumlah sel saraf hampir 100 miliar buah
Fakta unik tubuh manusia pertama yang cukup membuat penasaran adalah otak. Otak manusia mengandung sekitar 100 miliar sel mikroskopis yang disebut neuron. Ada sangat banyak neuron di otak sehingga mungkin butuh waktu ribuan tahun bagi Anda jika menghitung semuanya. Kapan pun Anda bermimpi, tertawa, berpikir, melihat, bergerak, bernapas, sinyal kimia dan listrik berlomba-lomba melewati neuron-neuron ini melalui milyaran jalur kecil neuron.

Otak Anda juga tak pernah berhenti bekerja. Otak Anda membuat dan mengirimkan berbagai pesan yang tak terhitung ke seluruh jaringan tubuh setiap detiknya. Neuron otak membuat dan mengirimkan pesan lebih banyak daripada pesan yang dikirim seluruh ponsel genggam di seluruh dunia.

2. Bibir semakin lama semakin tipis
Fakta unik tubuh manusia selanjutnya adalah bibir. Bibir Anda semakin lama akan semakin tipis seiring berjalannya usia. Mengapa hal ini bisa terjadi? Bentuk bibir Anda yang indah dipengaruhi oleh kolagen. Sayangnya, seiring bertambahnya usia, kolagen manusia akan berkurang. Oleh karena itu, kulit bibir juga butuh dirawat agar tetap indah hingga usia tua.

3. Berat badan Anda mempengaruhi volume darah
Saat mengalir, sel darah mampu menyelesaikan perjalanan kurang dari 30 detik untuk mengaliri darah secara merata di pembuluh darah yang memiliki panjang puluhan ribu kilometer. Setelah itu, darah kembali ke jantung untuk dipompa lagi hingga melewati paru-paru.

Volume darah orang dewasa diperkirakan sekitar 7 persen dari berat badan. Misalnya, seorang manusia dengan berat badan antara 68-81 kg memiliki 4,5-5,6 liter darah. Sementara itu, anak dengan berat badan sekitar 36 kg memiliki setengah volume darah orang dewasa.

4. Paru-paru adalah satu-satunya organ yang dapat mengapung di atas air
Fakta unik tubuh manusia selanjutnya adalah paru-paru. Setiap paru-paru manusia mengandung sekitar 300 juta struktur seperti balon yang dikenal sebagai alveoli. Alveoli ini menggantikan karbon dioksida dalam darah dengan oksigen. Ketika alveoli dipenuhi dengan udara, paru-paru Anda dapat mengapung di atas air.

5. Telinga tidak mendengar apapun saat tidur
Jika Anda tidak bisa mendengar suara apapun saat tidur, hal ini adalah akibat dari otak Anda yang sedang beristirahat. Otak menutup kemampuan telinga untuk mendengar. Jadi, hal yang wajar jika Anda lebih mudah dibangunkan dengan disentuh ketimbang dengan suara. Terkecuali suara yang sangat keras sehingga membuat respons kaget.

6. Organ hati memiliki 500 fungsi
Hati merupakan salah satu organ tubuh terpenting yang memiliki lebih dari 500 fungsi. Beberapa di antaranya adalah melawan infeksi,  memproses makanan yang telah diserap dari usus, memproduksi getah empedu, senyawa yang berfungsi penting dalam sistem pencernaan makanan, menyimpan zat besi, vitamin dan bahan-bahan kimia lain yang penting, mengontrol tingkat atau kadar lemak, glukosa atau gula dan asam amino dalam darah dan detoksifikasi atau membuang zat-zat racun dalam tubuh.