Kenali penyebab ruam di bawah payudara

id payudara,ruam,kanker payudara,alergi,infeksi,gatal,Kenali penyebab ruam di bawah payudara

Kenali penyebab ruam di bawah payudara

Ilustrasi (net)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Dalam dunia medis, ruam yang muncul di payudara disebut dengan intertrigo. Kondisi ini terjadi karena kulit bawah payudara menangkap keringat dan lembap, lalu terkena gesekan dari bra atau kulit di bawahnya. Kombinasi inilah yang memicu timbulnya ruam yang terasa gatal.

Berbagai penyebab timbulnya ruam di bawah payudara meliputi:

1. Biang keringat
Biang keringat (miliaria) adalah ruam kulit yang terjadi saat pori-pori kulit tersumbat keringat, bakteri, dan sel kulit mati. Walaupun lebih sering muncul pada area lipatan tubuh serta leher dan bahu, kulit bawah payudara Anda juga bisa kena biang keringat.



2. Infeksi
Kulit yang dibiarkan lembap terus-terusan karena keringat menjadi tempat favorit bagi bakteri dan jamur untuk berkembang biak. Hal ini dapat memicu berbagai penyakit infeksi, di antaranya candidiasis dan kurap.

Candidiasis terjadi saat jamur Candida tumbuh subur pada kulit bawah payudara yang lembap. Sedangkan kurap disebabkan oleh pertumbuhan jamur Tinea di bawah payudara. Kedua infeksi ini ditandai dengan munculnya ruam berbentuk bulat, merah, dan sering menyebabkan gatal.

3. Alergi
Bagi Anda yang memiliki ruam di bagian bawah payudara, coba ingat-ingat lagi jenis makanan maupun obat-obatan yang baru saja Anda konsumsi. Pasalnya, ruam di bawah payudara juga dapat disebabkan oleh alergi, entah dari makanan, obat, atau gigitan serangga.

Ruam akibat alergi biasanya muncul seperti biduran berwarna merah dan gatal. Jika gatal-gatalnya cukup mengganggu, segera kompres dengan air dingin atau oleskan dengan krim hidrokortison atau losion calamine untuk menghambat produksi histamin yang menyebabkan gatal.

4. Penyakit autoimun
Ada beberapa penyakit autoimun yang dapat memicu timbulnya ruam di bawah payudara. Penyakit autoimun tersebut meliputi eksim, psoriasis, atau hiperhidrosis alias keringat berlebihan.

Bentuk ruam di bawah payudara akibat masing-masing penyakit autoimun ternyata berbeda-beda. Tanda-tanda eksim meliputi ruam merah yang meradang dan terasa gatal. Namun, ada juga yang berupa benjolan kecil berisi cairan yang apabila pecah akan terasa sangat gatal.

Jika disebabkan oleh psoriasis, maka bentuk ruam yang muncul di bawah payudara Anda akan tampak seperti bercak merah, kering, bersisik, dan pecah-pecah. Akan tetapi, kalau ini disebabkan oleh keringat berlebihan atau hiperhidrosis, maka ruamnya tampak merah-merah dan gatal.

5. Kanker payudara
Kanker payudara peradangan adalah salah satu jenis kanker langka yang dapat menyebar dengan cepat. Gejalanya berupa:

  • Perubahan warna kulit payudara menjadi kemerahan.
  • Tekstur kulit tampak seperti kulit jeruk.
  • Muncul bintil-bintil kecil seperti jerawat.
  • Puting masuk ke dalam (puting terbalik).

Meskipun ruam di bawah payudara sangat jarang disebabkan oleh kanker, tidak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter bila Anda mengalami gejala-gejala tersebut.


sumber:hellosehat.com