Bagaimana cara memulihkan ketiak yang menghitam?

id ketiak,hitam,memutihkan,deodorant

Bagaimana cara memulihkan ketiak yang menghitam?

Ilustrasi ketiak (pinterest)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Kulit ketiak, siku, lutut dan selangkangan kerap menghitam akibat berbagai faktor seperti gesekan konstan antar kulit.

Dokter spesialis kulit dr. Kardiana Purnama Dewi, Sp. KK di Jakarta, Rabu, mengatakan rajin menggunakan pelembab setelah mandi bisa membantu memulihkan area kulit yang menghitam ke warna semula.

Pelembab bisa membantu memperbaiki tekstur kulit, mengurangi gesekan di permukaan kulit. Risiko iritasi dan hiperpigmentasi pun berkurang bila permukaan kulit dalam keadaan baik.

Pemakaian scrub juga dapat membantu memulihkan area kulit yang menghitam. Namun Kardiana mengingatkan penggunaan scrub sebaiknya dilakukan secara wajar.

"Bisa dipakai dua sampai tiga kali seminggu. Bila efek sudah tercapai, seminggu sekali saja dan gosoknya jangan terlalu kencang," katanya dalam acara Satto Whitening C-Scrub.

Kulit juga bisa terkesan kusam dan gelap akibat tumpukan sel kulit mati yang tidak terbuang secara normal. Oleh karena itu, Kardiana mengingatkan agar selalu membersihkan kulit dari sisa-sisa deodoran, bedak atau riasan setiap selesai beraktivitas demi mencegah tumpukan sel kulit mati.