Cara menghemat waktu saat service AC mobil

id Ac mobil,service ac,Flushing endoskopi

Cara menghemat waktu saat service AC mobil

Ilustrasi AC mobil. (Dok: solopos)

Jakarta (Antaranews Kalteng) - Merawat AC mobil kini tidak perlu memakan waktu lama berkat teknologi dari mesin flushing dan endoskopi yang bisa melacak titik kerusakan pada sistem pendingin kendaraan itu dengan lebih cepat dan akurat, ketimbang dengan cara biasa.

Flushing machine mempercepat proses pergantian oli kompresor pada AC mobil karena teknisi tidak perlu membongkar komponen AC, melainkan hanya menggunakan alat flushing yang juga bisa menentukan takaran oli secara akurat.

"Fitur canggih dan komputerisasi pada flushing machine memastikan takaran oli ke dalam kompresor lebih akurat dan sesuai standar kompresor AC mobil. Risiko terjadinya kerusakan komponen juga berkurang," kata Kelvin Ong selaku kepala bengkel Rotary Bintaro, pada pembukaan cabang di AXC Summarecon Bekasi, Jawa Barat, Jumat.

Alat kedua yang mempermudah servis AC adalah cooling machine yang meliputi teknologi endoskopi untuk melihat kondisi evaporator.

"Mesin canggih ini mampu membersihkan evaporator tanpa harus menurunkannya. Cairan pembersih khusus dimasukkan kemudian menyemprotkan melalui selang dengan tekanan ke bagian evaporator," kata dia.

Pada umumnya, untuk membersihkan evaporator membutuhkan waktu 1-2 hari. Namun dengan alat-alat tersebut, proses pembersihan hanya memakan waktu hitungan jam, tergantung jenis mobil dan tingkat kerusakan yang dialami.

Kelvin mengatakan AC mobil sebaiknya mendapatkan servis ringan setiap 10ribu kilometer, dan servis besar pada 20 ribu kilometer, agar tetap terawat dan pengguna tidak perlu mengeluarkan dana besar apabila kerusakan AC semakin parah.

Ia mengatakan untuk servis ringan biasanya memakan biaya Rp450ribu, sedangkan untuk servis keseluruhan (all in) yang termasuk pergantian sukucadang hingga oli bisa dikenakan biaya lebih dari Rp1 juta.

Gerai Rotary Bintaro di Bekasi merupakan outlet servis keenam setelah Ciledug, Kedoya, Serpong, Rawamangun dan Veteran. Selain menawarkan dua teknologi itu, Rotary Bintaro juga memiliki mesin fogging dan ozon untuk untuk menetralisir udara di dalam kabin agar AC lebih bersih.

Rotary Bintaro menawarkan potongan harga jasa servis hingga 50 persen dan sukucadang 10 persen pada periode 9 Februari sampai 31 Maret guna memperkenalkan gerai baru tersebut.