PDIP se-Kalteng tanggal 6 Juli 2019 gelar pemilihan pengurus baru

id PDIP Kalteng, PDIP se-Kalteng, Sekretaris PDIP Kalteng, Freddy Ering

PDIP se-Kalteng tanggal 6 Juli 2019 gelar pemilihan pengurus baru

Sekretaris DPD PDIP Kalteng Freddy Ering (Foto koleksi pribadi Freddy Ering)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kalimantan Tengah Freddy Ering mengakui bahwa pihaknya pada tanggal 6 Juli 2019 akan melaksanakan konferensi daerah dan cabang kabupaten/kota se-Kalteng.

Konferda dan konfercab yang dilaksanakan serentak itu tujuannya konsolidasi partai pasca pemilu 2019 sekaligus pemilihan pengurus baru PDIP se-Kalteng, kata Freddy melalui pesan singkat di Palangka Raya, Minggu malam.

"Pelaksanaan konferda dan konfercab itu juga untuk menindaklanjuti keputusan rapat kerja nasional (rakernas) PDIP pada tanggal 19 Juni 2019," beber dia.

Rakernas PDIP memutuskan kongres yang rencananya dilaksanakan pada tahun 2020, dimajukan menjadi 8 Agustus 2019. Konsekuensi dari keputusan tersebut, PDIP di seluruh Indonesia pun harus melakukan konsolidasi dengan menggelar rapat pengurus kecamatan, konfercab, dan konferda.

Freddy mengatakan bahwa pihaknya pada tanggal 24 Juni 2019 akan melaksanakan rapat kerja daerah (rakerda) yang bertujuan mempersiapkan konferda dan konfercab PDIP se-Kalteng. Rakerda yang dilaksanakan di Js Kitchen Cafe jalan Tjilik Riwut Km 7 Palangka Raya itu akan dihadiri Ketua DPP PDIP.

"Seluruh Ketua, Sekretaris dan Bendahara DPD maupun DPC kabupaten/kota se-Kalteng hadir dalam rakerda itu," kata dia.

Anggota DPRD Provinsi Kalteng itu membenarkan bahwa rakerda bukan hanya membahas persiapan konferda dan konfercab, tapi juga kriteria pimpinan DPRD kabupaten/kota serta provinsi untuk periode 2019-2024. Sebab, dalam pemilu tahun 2019, perolehan kursi PDIP di tingkat provinsi maupun sejumlah kabupaten/kota se-Kalteng, mampu meraih pimpinan DPRD.

Dia mengatakan untuk pemilihan kepala daerah di Kalteng maupun Kabupaten Kotawaringin Timur yang akan dilaksanakan pada tahun 2020, tidak masuk dalam pembahasan rakerda maupun konferda serta konfercab se-Kalteng.

"Masalah Pilkada belum masuk agenda pembicaraan, kecuali terkait mekanisme dan persyaratan pimpinan dewan dari PDIP. Itu yang masuk dalam agenda rakerda tanggal 24 Juni 2019," demikian Freddy.