Penganugerahan Lencana Pancawarsa diharapkan pacu semangat gerakan pramuka di Katingan

id Pemkab katingan, kasongan, katingan, sakariyas, pancawarsa, pramuka

Bupati Katingan Sakariyas, saat menganugerahkan Penghargaan Lencana Pancawarsa kepada 11 anggota dewasa gerakan pramuka di Kasongan, Rabu, (14/8/2019). (Foto Istimewa)

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sakariyas yang juga Ketua Mabicab 1508 Katingan, menganugerahkan Penghargaan Lencana Pancawarsa kepada 11 anggota dewasa gerakan pramuka.

"Penganugerahan lencana ini diharapkan dapat memberikan semangat baru terhadap anggota pramuka dewasa, untuk terus berkarya dalam gerakan pramuka," terangnya di Kasongan, Rabu.

Penganugerahan itu diberikan pada peringatan Hari Pramuka ke-58 tahun 2019 di Bumi Perkemahan Penyang Hinje Simpei Kwartir Cabang 1508 Katingan, Kasongan.

Acara itu juga bersamaan dengan kemah besar pramuka dan perkemahan Wirakarya cabang yang diikuti beberapa gugus depan (Gudep) mulai tingkat penggalang, penegak dan pandega dari seluruh Katingan.

"Lencana Pancawarsa merupakan salah satu tanda penghargaan untuk anggota dewasa gerakan pramuka," katanya.

Ia juga menjelaskan bahwa lencana Pancawarsa, dikukuhkan untuk memegang suatu jabatan tertentu dalam gerakan pramuka, seperti pembina pramuka, pelatih pembina, pamong saka, andalan kwaran serta anggota kehormatan.

Penganugerahan lencana tersebut, berdasarkan hasil seleksi mulai dari tingkat gugus depan, andalan kwaran dan kwarcab.

Tidak semua anggota pramuka dewasa bisa mendapatkannya, paling tidak harus memenuhi beberapa persyaratan, seperti halnya mempertimbangkan sertifikat pelatihan kursus mahir dasar (KMD), kursus mahir lanjutan (KML) dan yang pasti masa baktinya sudah 5 tahun sebagai pengurus gerakan pramuka.

Itupun jelasnya masih diajukan kembali kepada Kwartir Daerah (Kwarda) Kalteng untuk mengeluarkan penghargaan tersebut. Tahapan yang cukup panjang dan sejumlah persyaratan itu, sebagai bukti penghargaan tersebut bukanlah sesuatu yang mudah diraih.

Adapun 11 anggota pramuka dewasa yang mendapat anugerah lencana Pancawarsa adalah
Alfrid, Leda Almuqsith, Sri Wahyuni, Sri Suhartini, Siti Munjiah, Sofian Noor, Michael Rahail, Zainuri, Herlina, Yatro dan M Yusri.
 

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar