Legislator Barito Timur dukung vaksinasi anjing berantas rabies

id Legislator Barito Timur dukung vaksinasi anjing berantas rabies,Rabies,Anjing,Vaksin

Legislator Barito Timur dukung vaksinasi anjing berantas rabies

Petugas vaksinisasi rabies Dinas Pertanian Barito Timur sedang menyuntikkan vaksin rabies pada hewan peliharaan warga di Tamiang Layang, Rabu (18/9/2019). ANTARA/HO-Dinas Pertanian Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Legislator Barito Timur Kalimantan Tengah Nur Sulistio mendukung program vaksinasi rabies yang dilakukan Dinas Pertanian setempat agar insiden rabies tidak terjadi lagi.

"Program ini sangat baik dan kami mendukung program yang sangat baik dan bermanfaat bagi masyarakat seperti pemberian vaksin rabies agar di Barito Timur bebas rabies," kata Nur Sulistio di Tamiang Layang, Rabu.

Menurut pria yang akan menjadi Ketua DPRD Barito Timur itu, daerah yang bebas rabies juga merupakan harapan masyarakat sehingga tidak ada korban karena kasus gigitan anjing terinfeksi rabies.

Saat ini, Dinas Pertanian Barito Timur melaksanakan pemberian vaksin rabies kepada hewan anjing dengan target 8.000 ekor dengan batas waktu hingga akhir Oktober 2019 nanti.

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Riza Rahmadi mengatakan, telah dibentuk dua tim untuk melaksanakan penyuntikan vaksin rabies.

"Tim pertama akan melakukan penyuntikan dan tim kedua akan melakukan penyisiran ulang. Jika ditemukan anjing yang belum diberi vaksin maka akan disuntikkan vaksin rabies," kata Riza.

Dinas Pertanian Barito Timur juga melayani penyuntikan vaksin di dua Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) di Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur dan Ampah Kota Kecamatan Dusun Tengah.

Selain melayani penyuntikan vaksin rabies, Puskeswan juga memberikan pelayanan kesehatan hewan bagi hewan peliharaan dan hewan ternak seperti unggas maupun lainnya.

Warga Kecamatan Dusun Timur, Benua Lima, Patangkep Tutui, Awang dan Paju Epat bisa meminta layanan kesehatan hewan di UPTD Puskeswan Tamiang Layang, sedangkan warga Kecamatan Dusun Tengah, Raren Batuah, Pematang Karau, Paku dan Karunsen Janang bisa meminta layanan kesehatan hewan di UPTD Puskeswan Ampah.

Masyarakat yang memelihara anjing diimbau memeriksakan kesehatan anjingnya secara rutin dan diberi vaksin. Hal itu penting untuk mencegah anjing terjangkit rabies maupun penyakit lainnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar