DPRD Barito Timur berkomitmen bekerja maksimal

id DPRD Barito Timur berkomitmen bekerja maksimal,Bus sulistio,DPRD Bartim,APBD

DPRD Barito Timur berkomitmen bekerja maksimal

Ketua DPRD Barito Timur Nur Sulistio. ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Barito Timur Kalimantan Tengah Nur Sulistio menegaskan komitmen bersama DPRD setempat untuk bekerja maksimal mendukung pembangunan daerah.

"Dalam waktu dekat akan segera dibentuk Komisi I, II dan III serta alat kelengkapan dewan. Hal ini yang akan kami lakukan terlebih dahulu," kata Nur Sulistio di Tamiang Layang, Kamis.

Alat kelengkapan dewan yang dibentuk diantaranya Badan Musyawarah, Badan Anggaran, Badan Kehormatan dan Badan Pembentukan Peraturan Daerah. Alat kelengkapan dewan untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi dewan secara maksimal.

Menurutnya, maksimal yang dimaksud yakni melaksanakan tugas sesuai kewajiban dan fungsi masing-masing sebagaimana amanah yang diemban menjadi anggota DPRD Barito Timur.

Politisi Partai Golkar optimistis pembentukan alat kelengkapan dewan berjalan lancar dan mendapat dukungan semua anggota DPRD Barito Timur, terlebih lagi memaksimalkan kinerja masing-masing.

Semakin maksimal kinerja DPRD Barito Timur maka akan semakin dipercaya publik lembaga DPRD Barito Timur dan sebaliknya. Selain itu, dampaknya juga akan sangat positif terhadap pemerintahan dan pembangunan dan daerah.

Menurutnya, publik akan menilai kinerja anggota DPRD Barito Timur sejak dilantik hingga  lima tahun kedepan. Kepercayaan publik tidak hanya melihat DPRD secara lembaga, tetapi juga dedikasi para anggota DPRD sesuai daerah pemilihannya.

"Indikatornya, semakin padat waktu kita gunakan untuk kegiatan membangun Kabupaten Barito Timur berarti semakin banyak yang kita lakukan, dan sebaliknya," katanya.

Nur Sulistio menambahkan, program daerah akan dilihat dari perspektif efisien dan efektif sehingga menjadi sangat bermanfaat bagi masyarakat. Hal ini berkacamata dari kemampuan anggaran daerah.

Baca juga: Bupati dan DPRD Bartim sepakat prioritaskan aspirasi masyarakat di program pemkab

Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler menambahkan, setelah pembentukan komisi dan alat kelengkapan dewan maka secara kelembagaan DPRD Barito Timur siap membahas rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2020.

"Pengajuan RAPBD 2020 minimal diajukan tiga bulan sebelum masa berakhirnya anggaran. Pada bulan Oktober ini diajukan dan target kami selesai paling lambat akhir Nopember," kata Ariantho.

Menurutnya, apa saja program daerah yang bermanfaat bagi kepentingan masyarakat, tentu akan mendapat dukungan DPRD Barito Timur.

"Namun, DPRD Barito Timur juga siap memberikan saran dan kritikan jika ada program daerah yang dinilai tidak bermanfaat bagi kepentingan masyarakat," katanya.