Bupati dan DPRD Bartim sepakat prioritaskan aspirasi masyarakat di program pemkab

id Barito timur, Kabupaten Bartim, Bupati Bartim, Ampera AY Mebas

Bupati dan DPRD Bartim sepakat prioritaskan aspirasi masyarakat di program pemkab

Ketua PN Tamiang Layang Prof Maskur Hidayat SH MH mengambil sumpah dan janji jabatan Nur Sulistio, Ariantho S Muler dan Andreas Depe yang menjadi Ketua, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II DPRD Barito Timur di Tamiang Layang, Senin. (ANTARA/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas menyatakan bahwa dirinya bersama DPRD setempat telah sepakat serta berkomitmen akan memprioritaskan aspirasi dan kebutuhan masyarakat dalam program yang disusun maupun dilaksanakan pemerintah kabupaten.

Pernyataan itu disampaikan Ampera usai menghadiri sidang paripurna istimewa II dengan agenda pelantikan sekaligus pengambilan sumpah dan janji jabatan unsur pimpinan DPRD Bartim periode 2019-2024 di Tamiang Layang, Senin.

"Jadi, nantinya rogram yang akan dibuat pemkab, terlebih dahulu disampaikan ke DPRD Bartim untuk meminta petunjuk, saran maupun penyempurnaan. Apalagi DPRD kan mitra kerja pemkab yang memiliki fungsi pengawasan, legislasi dan penganggaran," singkat Ampera.

Sementara itu, Wakil Ketua I DPRD Bartim Ariantho S Muler didampingi Wakil Ketua II Andreas Depe mengatakan setelah adanya unsur pimpinan, maka agenda selanjutnya membentuk komisi-komisi dan alat kelengkapan dewan lainnya, yakni Badan Kehormatan (BK), Badan Anggaran (Banggar) Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda), Badan Musyawarag (Banmus).

"Saat ini sudah terbentuk enam fraksi murni yakni fraksi Partai Golkar, fraksi PKPI, fraksi Partai Demokrat, fraksi PDIP,  fraksi Nasdem, fraksi Gerindra. Setelah ada unsur pimoinan defenitif maka dibentuk Komisi dan alat kelengkapan dewan lainnya," katanya.

Ditegaskan Ariantho, walaupun awalnya datang dari partai politik yang berbeda namun setelah menjadi anggota DPRD Barito Timur maka akan mengabdi untuk masyarakat Kabupaten Barito Timur.

Baca juga: DPRD Barito Timur minta Tagana tingkatkan kompetensi

"Apa yang menjadi kepentingan masyarakat dan visi misi pembangunan Kabupaten Barito Timur akan kita kawal. Jika ada kebijakan yang tidak mengutamakan kepentingan masyarakat maka akan dikoreksi," ungkap politisi PKPI itu.

Pembangunan di Kabupaten Barito Timur bisa terlaksana dengan cepat dan maksimal jika dukungan datang dari eksekutif, legislatif dan yudikatif.

Andreas Depe menambahkan, komunikasi antara semua pihak sangat agar tidak terjadi kesalahpahaman. Selain itu, komunikasi untuk merumuskan pembangunan yang diharapkan masyarakat.

"Semua permasalahan bisa diselesaikan dengan cara elegan yakni dengan berkomunikasi. Untuk itu, komunikasi sangat penting," kata politisi Partai Demokrat itu.

Baca juga: DPRD Bartim siap gunakan akses komunikasi yang diberikan gubernur