Kuntau Borneo terbaik kelima se-Indonesia, begini respon Bupati Bartim

id Pemkab bartim, bartim, barito timur, ampera ay mebas, ariantho s muller, pencak silat, bela diri, nasional, indonesia, kuntau borneo, tamiang layang

Kuntau Borneo terbaik kelima se-Indonesia, begini respon Bupati Bartim

Kontingen pencak silat dari perguruan Kuntau Borneo meraih medali saat berlaga pada Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional V, pada cabang olahraga silat tradisional di Stadion Madya Sempaja, Samarinda baru-baru ini. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah Ampera AY Mebas mengapresiasi capaian prestasi di tingkat nasional yang berhasil diraih kontingen pencak silat dari perguruan Kuntau Borneo.

Kontingen itu berhasil menjadi juara kelima terbaik se-Indonesia dalam ajang Forum Olahraga Rekreasi Masyarakat Nasional V, cabang olahraga silat tradisional di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur.

"Kami bangga atas hasil yang dicapai oleh Kuntau Borneo, sehingga bisa mengharumkan nama Barito Timur di tingkat nasional," katanya di Tamiang Layang, Minggu.

Menurutnya, peringkat terbaik kelima merupakan prestasi yang patut dibanggakan. Capaian itu membuktikan Bartim juga memiliki atlet yang berkualitas dan handal, serta mampu bersaing.

Raihan itu akan menjadi motivasi bagi atlet lainnya, agar mampu bersaing di ajang olahraga bergengsi sekaligus melestarikan olahraga tradisional.

Ketua Harian Komite Olahraga Nasional Indonesia Barito Timur sekaligus Wakil Ketua I DPRD Barito Timur Ariantho S Muler mengatakan, Fornas merupakan ajang olahraga rekreasi dan tradisional yang akrab di masyarakat. 

Bahkan kegiatan itu, langsung dibuka pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi), sebagai ajang menuju sumber daya manusia (SDM) Indonesia yang sehat dan unggul.

"Kami ucapkan terima kasih kepada kontingen silat perguruan Kuntau Borneo yang telah mengharumkan nama Bartim dan juga Kalteng," ungkap Ariantho.

Menurutnya, Fornas V sebagai sarana mengajak masyarakat Indonesia untuk lebih gemar dan membudayakan olahraga, agar tubuh sehat secara jasmani dan rohani.

Dalam laga Fornas V, Kontingen Barito Timur dari perguruan Kuntau Borneo mewakili Kalteng. Kontingen Kalteng merupakan salah satu dari 22 kontingen yang ikut bertanding dengan raihan medali satu emas, lima perak dan empat perunggu.

"Walaupun pelan namun pasti, geliat olahraga di Barito Timur terus menunjukkan kemajuan. Hal itu bisa dilihat dari ragam prestasi yang terus diperoleh," ucapnya.

Sementara iti, Ketua Kontingen Siffu Herdiman mengucapkan terima kasih kepada Bupati Barito Timur, KONI Barito Timur dan juga KOPPAD Borneo yang banyak membantu kontingen selama berada di Samarinda.

Ia menjabarkan para atlet yang berhasil meraih prestasi, diantaranya Ahmad Nurjani terbaik III perorangan putra. Kemudian Terbaik III perorangan putri diraih Sri Meilani Darmadiati dan Eriniati, serta terbaik III berkelompok diraih Sri Meilani Darmadiati, Ade Siantory dan Joko Rianto.

"Terima kasih banyak atas bantuan dan dukungannya, sehingga kami bisa memberikan yang terbaik bagi daerah," jelasnya.